INTIMES.co.id | BALANGPIDIE – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh, Murdani Yusuf melantik Nurdianto, ST sebagai ketua PMI Abdya beserta Dewan Kehormatan Periode 2023-2028 di Arena Motel Abdya, Selasa (26/9/2023).  Pelantikan pengurus tersebut disaksikan oleh PJ Bupati, Kapolres, Dandim dan Kejari Aceh Barat Daya.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Abdya, Nurdianto, ST mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus yang sudah mempercayainya sebagai ketua untuk lima tahun ke depan.

“Dan juga terimakasih kepada PMI Provinsi Aceh yang sudah hadir untuk mendampingi serta membantu kelancaran acara sehingga berjalan dengan sukses,” kata Nurdianto. Dalam menjalankan roda organisasi PMI ini, kata Nurdianto, Ia tidak bisa berjalan sendiri dan membutuhkan bantuan dan sportifitas dari pengurus semua sehingga PMI Abdya bisa berjalan dengan sukses.

“Untuk kepengurusan pengurus PMI Abdya Periode ini, hanya sedikit untuk kuotanya, dikarenakan ada mekanisme dan aturan yang ditetapkan oleh pengurus pusat yang berjumlah 20 orang. Selesai dari agenda pengukuhan ini, kita juga akan merekrut dan membentuk ketua tingkat Kecamatan serta  relawan PMI se Kabupaten Abdya,” katanya.

lanjut dikatakan, hasil audiensi dengan Direktur Rumah Sakit Umum Teuku Pekan kebutuhan darah setiap bulannya hampir 360 kantong darah, yang bisa disediakan hanya 60 kantong. Semoga dengan dilantiknya kepengurusan baru ini, bisa menutupi kekurangan stok kantong darah di Rumah sakit.

“Saya pastikan untuk ke depan, Kabupaten Aceh Barat Daya tidak mengalami kekurangan darah bagi pasien. Kita juga akan bekerja sama dengan seluruh intansi yang ada di Abdya, sehingga RSUTP Abdya tidak kekurangan stok darah,” ungkap Nurdianto.

“Selama ini, PMI Aceh Barat Daya sudah baik, semoga kedepan bertambah baik lagi. Kita di PMI harus menjadi penolong sepenuh hati, bukan untuk mencari rezeki dan uang tapi menyumbang  kannya, sehingga bisa berjalakan  pogram-pogram kemanusiaan,” tuturnya.

Ketua PMI Provinsi Aceh, Murdani Yusuf mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja dikukuhkan. IA berharap, tanggung jawab dan amanah yang diemban bisa di ¥pertanggung jawabkan dengan sebaik mungkin.

“Tugas PMI dari Hulu ke hilir, mulai dari penggalangan pendonor darah, sosialisasi sampai menyiapkan kantong darah siap saji, jika pengurus bisa menyagupinya, serta juga bekerja sama dengan intansi kesehatan dan pihak Rumah Sakit. Maka harapan kita semua kepada PMI Abdya, semoga selalu siap bekerja dengan program kemanusiaan dan kepalangmerahan,” kata Ketua Murdani.

Pj Bupati Abdya juga mengucapkan selamat untuk pengurus PMI Abdya yang baru saja dilantik untuk Periode 2023-2028.  “Insyaallah saya selaku Pj Bupati akan mensuppor dan membackup sepenuhnya agar pogram-pogram kemanusiaan dan kepalangmerahan bisa berjalan dengan sebaik mungkin di Kabupaten Aceh Barat Daya,” ucapnya.

“Saya yakin, untuk pengurus periode ini sampai 5 tahun kedepan merupakan pengurus yang tangguh, dan bisa membawa PMI Abdya semakin baik,” pungkas Pj Bupati Abdya.

Pada acara pengukuhan tersebut, turut hadir Pj Bupati, Kejari, Kapolres, Dandim, Kankemenag, Wakil Ketua DPRK, Ketua Makamah Syariah Forkopimda lainnya, Demisioner Ketua PMI, Relawan PMI dan seluruh Tokoh Masyarakat.