INTIMES.co.id | JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI Asal Aceh M. Nasir Djamil akan mengupayakan pemulangan Rita Zahara (26), TKW asal Aceh Timur yang saat ini diketahui terlantar di Arab Saudi.

Upaya itu dilakukan politisi PKS tersebut setelah dirinya berkomunikasi langsung dan meminta tolong Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI Silmy Karim, agar Rita segera dipulangkan jika tidak ada kepastian hukum dan nasibnya di Arab Saudi.

Rita merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sejak Maret 2023 dipekerjakan sebagai PRT. Namun saat ini,
Dikabarkan Rita lari dari rumah majikannya di Arab Saudi dan menginginkan untuk dibantu pulang ke Indonesia.

Informasi mengenai keadaan Rita diketahui oleh Nasir melalui komunikasinya dengan Ketua Persaudaraan Aceh Serantau (PAS) Akhyar Kamil yang saat ini berada di Arab Saudi dalam kegiatan ibadah haji.

“Saya akan mengupayakan Rita bisa kembali ke Aceh. Saya juga berkomunikasi langsung dengan Ketua PAS yang sedang di Arab Saudi, kita akan mencari cara dan mendalami proses yang harus ditempuh untuk Rita,” ucap Nasir Djamil, Minggu (2/7).

Nasir Djamil mengatakan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim, siap membantu mengupayakan perlindungan bagi Rita. Dimana pihak Kemenkumham juga telah berkoordinasi untuk penanganan kasus tersebut.

“Saya sudah terhubung dengan Dirjen Imigrasi dan meminta untuk memberikan atensi penuh dan dapat mempercepat proses pemulangan Rita,” pungkasnya.[]

Fakhrur
Editor