INTIMES.co.id | JAKARTA – Sejak Senin (8/5/2023), mobile banking dan jaringan ATM PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau BSI mengalami gangguan, dan belum sepenuhnya pulih hingga sekarang.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengatakan gangguan yang melanda bank syariah terbesar di Indonesia itu karena adanya serangan siber.

“Apa yang dilakukan BSI kemarin memang dalam transisi perbaikan sistem daripada tentu IT-nya, tapi juga ada serangan, saya bukan ahlinya disebutin tri poin, apalah itu. Sehingga mereka down hampir satu hari kalau tidak salah,” ujar Erick kepada wartawan, Rabu (10/5/2023).

Ia mengaku tidak tahu secara detil atas serangan itu, tetapi dirinya terus memantau perkembangan gangguan sistem BSI. Begitu pula dengan Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, yang terus memantau masalah ini. Mulai kemarin sistem ATM BSI disebut mulai pulih.

Erick mengaku, tiga hari yang lalu sebelum gangguan melanda sistem BSI, ia baru bertemu dengan Hery Gunardi. Pada saat itu, Dirut BSI itu disebut membahas soal sistem IT bank.

“Eh tiba-tiba terjadi. Ya memang sudah jalannya,” ujar Erick.

Sumber : cnbcindonesia.com