INTIMES.co.id | MEDAN – Sulaiman merupakan salah seorang figur yang telah mengabdikan dirinya selama 14 tahun dalam dunia zakat di Sumatera Utara.

Berbekal pengalamannya itu Sulaiman juga diamanahkan untuk memimpin Forum Zakat (FOZ) Sumatera Utara selama 4 tahun terakhir.

Mengawali karir sebagai relawan kemanusiaan hingga mengantarkannya menjadi seorang Pimpinan di salah satu Lembaga Zakat yakni Dompet Dhuafa Waspada.

Sebagai seorang amil, ia tidak hanya mengelola zakat dengan profesionalisme tinggi tetapi juga aktif dalam berbagai inisiatif kemanusiaan.

Sulaiman dikenal sebagai sosok yang selalu hadir dalam setiap kebutuhan kemanusiaan di Sumatera Utara.

“Saya percaya bahwa membantu sesama adalah panggilan yang harus dijalankan dengan tulus dan ikhlas. Setiap aksi kemanusiaan yang kita lakukan memiliki dampak yang besar bagi mereka yang membutuhkan,” kata Sulaiman, Kamis (20/6).

Meski berlatarbelakang pendidikan Magister Hukum terbukti tak menampik semangat Sulaiman dalam menyahuti panggilan kemanusiaan.

Pengalaman dalam penanganan bencana alam seperti erupsi Gunung Sinabung, banjir bandang di Padang, serta bencana gempa dan tsunami di Aceh, telah mengukuhkan posisinya sebagai tokoh kemanusiaan yang berperan aktif dalam membangun dan menyelamatkan kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Di samping itu, Sulaiman juga mendedikasikan waktu dan energinya untuk memajukan sektor UMKM di Sumatera Utara sebagai bentuk kepeduliannya kepada sesama.

“Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui UMKM adalah salah satu cara nyata untuk memberikan keberdayaan kepada mereka. Kami berupaya memberikan pendampingan dan pelatihan agar UMKM lokal bisa berkembang secara berkelanjutan,” katanya.

Sulaiman saat ini juga mengantongi sertifikasi sebagai Nazir Wakaf Kompeten. Dengan demikian, dedikasi dan kontribusi yang dilakukan Sulaiman dalam bidang zakat, kemanusiaan, serta pembangunan sosial ini tentunya tidak hanya menjadi teladan bagi sesama komunitasnya saja melainkan juga memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk berperan aktif dalam membangun kehidupan yang lebih baik bagi semua orang.[]

Fakhrur
Editor