INTIMES.co.id | VIETNAM – Soha,vn, terkejut melihat Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. Soha.vn bahkan menyebut Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 lewat skenario yang mencengangkan.

Setelah kalah 1-3 dari Jepang pada matchday pamungkas Grup D Piala Asia 2023 pada Rabu, 24 Januari 2024 malam WIB, nasib Timnas Indonesia berada di ujung tanduk. Dibilang di ujung tanduk karena lolos atau tidaknya Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023 harus bergantung kepada laga lain.

Ada dua laga lain yang menentukan nasib Timnas Indonesia, yakni Yordania vs Bahrain dan Kirgistan vs Oman. Timnas Indonesia lolos jika Yordania menang 2-0 atau seterusnya atas Bahrain, atau laga Oman vs Kirgistan berakhir imbang.

Namun, laga Yordania vs Bahrain tidak berjalan sesuai harapan pencinta sepakbola Tanah Air. Bahrain menang 1-0 atas Yordania, sekaligus menyegel tempat sebagai juara Grup E Piala Asia 2023.

Karena itu, nasib Timnas Indonesia pun digantungkan kepada laga Kirgistan vs Oman. Pertandingan disinyalir juga tidak sesuai rencana pencinta sepakbola Tanah Air karena Oman sudah unggul 1-0 di menit kedelapan via aksi Muhsen Al-Ghassani.

Namun, ketika laga diprediksi berakhir untuk kemenangan Oman, Kirgistan mencetak gol penyama kedudukan via Joel Kojo pada menit 80. Skor berubah 1-1 dan bertahan hingga akhir laga.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai satu dari empat tim peringkat tiga terbaik. Timnas Indonesia mengungguli Oman dan China yang menempati posisi lima dan enam klasemen akhir peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023.

Kondisi ini yang membuat Soha takjub. Soha kaget Timnas Indonesia bisa lolos meski nasib skuad Garuda sempat berada di ujung tanduk.

“Timnas Indonesia meraih tiket 16 besar Piala Asia 2023 lewat skenario yang mencengangkan,” tulis Soha dalam judul artikel yang mereka buat.

“Di 16 besar, Timnas Indonesia akan bertemu mantan juara Australia (pada Minggu, 28 Januari 2024 pukul 18.30 WIB). Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Timnas Indonesia lolos ke fase gugur Piala Asia,” tutup Soha.

Sumber : Okezone.com