INTIMES.co.id | JANTHO – Sebanyak 260 santri Dayah Darul Quran Aceh (DQA) mengikuti mukhayyam Al Quran sebagai upaya untuk memaksimalkan ibadah selama bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Kegiatan dengan tema “Ramadhan Mulia, Gadget No More Al-Quran Forever” itu diikuti 176 santri putra dan 84 putri dan berlangsung mulai tanggal 16-30 Maret 2024 di komplek Dayah DQA di Jalan Banda Aceh-Medan, KM 19.5, Gampong Tumbo Baro, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar.

Ketua Panitia Pelaksana Ustadz Budi Muyasir di Darul Quran Aceh, Kamis (21/3) mengatakan kegiatan Mukhayyam Al Quran pada Ramadhan tahun ini merupakan yang ketujuh dilaksanakan sejak dayah tersebut berdiri pada 2017.

“Setiap tahunnya para santri putra dan putri mengikuti kegiatan ini dengan cara mendaftarkan diri kepada panitia. Alhamdulillah pada Ramadhan tahun ini diikuti oleh 260 santri dan lebih banyak dari tahun sebelumnya,” kata Ustaz Budi Muyasir.

Ia menambahkan meskipun program tersebut tidak wajib hukumnya, dimana para santri boleh ikut serta atau tidak, akan tetapi antusias mareka sangat luar biasa sehingga yang mendaftar pun mencapai ratusan santri.

“Adapun kegiatan selama Mukhayyam Al Quran meliputi shalat taraweh, sahur bersama, tahajud berjamaah, memperbanyak shalat sunnat dan yang paling utama adalah halaqah tahfiz Al Quran. Selain itu juga ngabuburit dan buka puasa bersama,” ungkap Ustaz Budi Muyasir.

Sementara itu, Direktur Dayah DQA, Ustaz Hajarul Akbar, MA, meminta seluruh peserta agar mengamalkan Al-Quran dengan kaffah dalam kehidupan sehari-hari.

Ia juga berharap peserta dapat dengan serius dan percaya diri dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan dalam memaksimalkan ibadah selama Ramadhan.

“Semoga dengan kegiatan tersebut para santri akan terpacu untuk terus menghafal Al-Qur’an dan InsyaAllah akan mendapatkan kerberkahan dari apa yang dilakukan pada bulan yang mulia ini. Mudah-mudahan Allah jadikan Ahlul Quran untuk para penghafal Al-Qur’an,” pungkasnya.[]

Fakhrur
Editor