INTIMES.co.id | MEDAN – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Desa Klambir V Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (18/10).

Kegiatan KKNT ini merupakan salah satu bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Desa Klambir V Kebun, Suprayogo menerima kedatangan mahasiswa Prodi PAI UNPAB yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di desa tersebut.

Pihak desa yang diwakili oleh Beni menyampaikan mahasiswa tetap mengedepankan norma-norma dan budaya yang berlaku di masyarakat. “Gunanya nanti agar kegiatan KKN mudah diterima oleh masyarakat,” ucapnya.

Beni juga berharap kegiatan KKNT ini dapat memberikan sumbangsih bagi masyarakat setempat. “Harapannya juga melalui KKNT ini dapat meningkatkan terobosan baru dalam meningkatkan motivasi dan mengadakan kegiatan pemuda dan remaja masjid serta kegiatan desa,” harapnya.

KKNT memiliki beragam manfaat, seperti yang disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Bahtiar Siregar. “Pertama, kegiatan KKNT akan membantu mahasiswa mengembangkan rasa kepedulian sosial dengan berinteraksi dan berkontribusi pada masyarakat setempat,” terangnya.

Selain itu, KKNT memungkinkan mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang mereka pelajari di kampus dalam kehidupan nyata, termasuk mata kuliah seperti sosiologi pendidikan dan pendidikan luar sekolah.

Kegiatan ini juga akan memperkuat dan mengembangkan kepribadian mahasiswa melalui penanganan berbagai masalah yang mereka hadapi selama KKNT. “Ini akan membentuk pola pikir, pola komunikasi, dan pengendalian diri yang lebih baik,” katanya.

Terakhir, KKNT juga dapat mendorong kreativitas mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Sebelumnya, Prodi PAI UNPAB telah memberikan pembekalan kepada mahasiswa, termasuk target jangka pendek dan jangka panjang, seperti pengembangan program Rumah Tahfidz dan pembinaan remaja masjid.

Selama periode KKNT yang berlangsung 4 bulan, mahasiswa Prodi PAI UNPAB diharapkan dapat menerapkan ilmu yang mereka peroleh dari kampus, memberikan pengetahuan dan pengalaman baru kepada masyarakat, serta mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja dan masyarakat nyata.[]

Fakhrur
Editor