INTIMES.co.id | MEDAN – Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD) menggelar acara wisuda secara serentak bagi lulusan pertama program beasiswa Youth Ekselensia Scholarship (YES), Sabtu (17/6).

Acara wisuda ini digelar secara hybrid di masing-masing kota yakni di kota Bantul, Yogyakarta, Medan, Padang, dan Surabaya.

Di Medan, acara wisuda yang bertempat di Sufi’s Caffe MMTC Medan ini gelar dengan mengangkat tema “Mempersiapkan Perjalanan Baru, untuk Mencapai Kesuksesan Anda”.

Sebanyak 50 siswa yatim yang berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu pun diwisuda.

Program YES, yang dimulai oleh LPI DD sejak tahun 2021, bertujuan untuk memberikan beasiswa pendidikan terpadu guna mengembangkan siswa yang berprestasi akademik, berakhlak mulia, dan berjiwa pemimpin.

Hadir secara virtual melalui zoom, Zayd Sayfullah selaku Head of Ekselensia Sytem Development LPI DD, menyampaikan kepuasannya dan rasa terima kasih atas keberhasilan program ini.

“Kami sangat bangga atas prestasi lulusan pertama program YES ini. Mereka telah menunjukkan dedikasi dan ketekunan yang luar biasa, mengatasi berbagai tantangan untuk mencapai tonggak bersejarah ini,” kata Zayd.

Zayd juga menyampaikan bahwa progam ini akan dikembangkan. “Kami berkomitmen untuk memperluas program ini lebih lanjut, memungkinkan lebih banyak siswa berprestasi untuk mengejar impian mereka dan memberikan dampak positif dalam masyarakat,” ucapnya.

Di lokasi acara, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada Sulaiman turut hadir untuk memberikan ucapan kepada para siswa.

“Selamat dan sukses untuk keberhasilan anak-anak kami pada program YES angkatan I, kami tentu sangat bahagia atas diwisudanya kalian hari ini,” ungkapnya.

Tidak hanya memberikan ucapan selamat, Sulaiman pun juga berpesan agar para siswa yang berasal dari bangku SMA ini bisa melanjutkan pendidikannya.

“Semoga pendidikan anak kami ini dapat berlanjut sehingga tidak hanya tamat SMA saja. Semangat untuk terus berprestasi akan ada banyak beasiswa yang bisa diikuti,” pesannya.

Sebagaimana program ini berjalan, YES tidak hanya memberikan dukungan keuangan, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, memungkinkan para siswa berkembang secara akademik dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan.

Hal ini pun diakui Elsa Denada, sebagai penerima beasiswa YES terbaik di Medan. Dalam sambutannya ia menyampaikan rasa bersyukurnya bisa menjadi salah satu penerima manfaat program.

“MasyaAllah program YES ini sangat banyak manfaatnya bagi saya tidak hanya terbantu di bidang ekonomi saja namun di bidang pendidikan juga banyak terbantu karna dengan adanya prgram campus preparation dan disini ada kegiatan namanya ELC yang mana kita banyak belajar untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan rasa kepercayaan diri,” ucapnya.

Ia juga mengaku para program YES diajarkan peduli lingkungan. “Ada kegiatan Sosial Project yang mana kita diajarkan untuk perduli dengan lingkungan sekitar kita dan dilatih dalam kerjasama tim kemudian diajarkan juga membaca al quran pun memahami tahsin untuk memprrbaiki bacaan alquran,” ungkapnya.

Kedepan, LPI DD akan memperluas jangkauan program YES dengan meningkatkan jumlah beasiswa yang diberikan dan meluaskan cakupannya ke kota-kota lain.

Saat ini, program ini mendukung 50 siswa, namun rencananya akan meningkatkan jumlah ini menjadi 75 dalam waktu dekat. Tujuan dari perluasan ini adalah untuk menjangkau beberapa kota, termasuk Yogyakarta (DIY), Medan, Padang, Surabaya, Makassar, dan Sulawesi Selatan.[]

Fakhrur
Editor