INTIMES.co.id | SABANG – Kapal Pesiar MS Nautica yang membawa 477 wisatawan mancanegara (wisman) singgah di Kota Sabang, Pulau Weh.

Kapal Pesiar mewah berbendera Marshall Islands ini, sebelumnya telah mampir di berbagai negara Asia termasuk Jepang, India, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab hingga Mesir.

Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Junaidi Ali, mengatakan bahwa kunjungan MS Nautica ini menambah daftar panjang kota yang dikunjungi kapal pesiar tersebut.

Dia menyebutkan, kapal yang membawa ratusan wisatawan mancanegara (wisman) itu sandar di Dermaga CT-3 BPKS Sabang. Kedatangan kapal itu juga disambut oleh Forkopimda Sabang.

“Di Dermaga CT-3 prosesi penyambutan seperti biasa di suguhkan dengan tarian dari siswa-siswi sekolah dasar sebagai bentuk edukasi,” ujarnya, Senin (15/5).

Junaidi menjelaskan, bahwa geliat UMKM dan perputaran rupiah selama kunjungan Kapal Pesiar di Sabang merupakan bentuk dan upaya BPKS untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sector pariwisata.

Selain itu, lanjut dia, juga ada rencana kerjasama peningkatan kunjungan kapal pesiar dengan Negara-negara ASEAN melalui Duta Besar India untuk ASEAN.

“Nantinya akan memberikan dampak positif pada sektor pariwisata dan UMKM di Sabang,” jelasnya.

Ia mengatakan, kedatangan kapal pesir MS Nautica ini membawa ratusan turis yang didominasi oleh penumpang kewarganegaraan Amerika Serikat.

“MS Nautica berlayar dari Phuket, Thailand. Kapal ini dinakhodai oleh Captain Drazen Tijan,” ujar dia.

Untuk diketahui, kapal pesiar MS Nautica dioperasionalkan oleh Nautica Acquisition LLC atau Norwegian Cruise Line Holdings ini dibangun pada tahun 2000.

Kapal mewah ini memiliki panjang 180.45 meter dengan kapasitas penumpang mencapai 600 orang lebih dan layanan serta fasilitas bintang 5.[]

Fakhrur
Editor