INTIMES.co.id | CALANG – Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran, mengunjungi lokasi pelatihan pembuatan pakan sapi, di areal ternak milik Kelompok Ternak Usaha Leumo Gemuk, di Gampong Keude Krueng Sabee, Kecamatan Krueng Sabee, Kamis (25/5) kemarin.

Untuk diketahui bersama, Kelompok Ternak Usaha Leumo Gemuk, merupakan kelompok usaha peternakan mandiri yang mendapatkan bantuan pembiayaan dari Bank Aceh Syariah.

“Sesuai instruksi Pak Gubernur, pendampingan akan terus kita lakukan, Pak Gubernur selaku Kepala Pemerintahan Aceh sangat mendukung pemberdayaan peternak yang digagas Pak Bupati Aceh Jaya. Pak gubernur menginstruksikan kami di Disnak untuk memberikan pendampingan kepada saudara-saudara kami para peternak,” kata Zalsufran.

Oleh karena itu, Sambung Zalsufran, kami mengajak kawan-kawan peternak untuk tetap semangat. Banyak pihak yang mendukung, pemerintah, dunia kampus, perbankan, semua sudah berkomitmen untuk mendukung Penertiban Berbasis Pemberdayaan ini.

“Insya Allah, dengan dukungan semua pihak upaya kita memberdayakan masyarakat peternak dan membangun ekosistem ekonomi baru di Aceh Jaya akan segera terwujud dan sukses. Semoga upaya ini bisa menjadi contoh. Mari kita buktikan Aceh Jaya bisa,” ujar Kadisnak, menyemangati para peternak yang sedang mengikuti pelatihan.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Jaya dalam kesempatan tersebut menegaskan, kunjungan Kadisnak Aceh sebagai bentuk keseriusan dukungan Gunernur pada Pemerintah dan masyarakat Aceh Jaya dalam membangun industri peternakan di wilayah tersebut.

“Kunjungan ini adalah bentuk keseriusan Bapak Gubernur Aceh, yang hari ini menginstruksikan Pak Kadisnak untuk memberi support penuh, dengan melakukan pendampingan. Ini adalah langkah awal dan penyemangat kita untuk berbuat lebih baik lagi,” kata Nurdin.

Nurdin optimis, jika Program Penertiban Berbasis Pemberdayaan ini berjalan baik, maka akan banyak industri turunan yang jauh lebih banyak. “Ke depan, kita akan meminta kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat untuk membangun Plaza atau Pasar Hewan, Rumah Potong Hewan dan industri olahan daging sapi seperti dendeng dan rendang,” ujar Nurdin.

Usai menyemangati masyarakat peternak di Krueng Sabee, Kadisnak Aceh bersama Pj Bupati Aceh Jaya juga berkunjung ke lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat padang gembala di Gampong Kuala Ligan Kecamatan Sampoiniet, serta melakukan penanaman rumput perdana, di lokasi tersebut.[]