INTIMES.co.id | MANILA – Jordi Amat kembali membuat kesalahan di lini belakang Timnas Indonesia. Kali ini, bek berdarah Spanyol itu membuat Filipina bisa mencetak gol.

Momen itu terjadi di babak pertama laga Filipina vs Indonesia, dalam pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Gawang Ernando Ari bobol karena berawal dari kesalahan Jordi Amat.

Di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (21/11/2023), Indonesia tertinggal lebih dulu di menit ke-23. Patrick Richelt membobol gawang tim tamu.

Berawal dari kesalahan Jordi Amat, yang gagal menguasai bola usai mendapat sodoran rekannya, bola bisa direbut Kevin Ingreso. Kemudian, pemain Filipina itu melepaskan umpan terobosan ke depan, ditujukan kepada rekannya, Patrick Reichelt.

Reichelt, yang lolos dari jebakan offside, bisa mengejar bola dengan bebas ke depan gawang. Kemudian, sontekan ringannya membuat bola bisa melewati sang kiper. Gol, Filipina memimpin 1-0.

Ini menjadi kesalahan kedua Jordi Amat di ajang Kualifikasi piala Dunia 2026. Sebelumnya ketika melawan Irak, bek keturunan yang dinaturalisasi Indonesia itu membuat gol bunuh diri, saat skuad Garuda kalah 1-5.

Di laga melawan Filipina, Indonesia sendiri akhirnya terhindar dari kekalahan. Gol Saddil Ramdani di menit ke-70 memastikan laga berakhir imbang 1-1.

Hasil ini membuat Indonesia meraih satu poin pertamanya di Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Anak asuh Shin Tae-yong masih menjadi juru kunci di bawah Filipina (1), dan Vietnam (3), dan Irak (6).