INTIMES.co.id  – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan bantuan sosial (bansos) tambahan berupa bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp200.000 selama tiga bulan ke depan untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Kalau untuk 3 bulan itu Rp 11,25 triliun,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantor Kemenko Perekonomian, Senin (29/1/2024)

Dari mana uangnya?

“Memang ada beberapa perubahan-perubahan yang mungkin sifatnya merespons kondisi yang ada di masyarakat dan global. Nah ini tentunya kita akan carikan,” ungkap Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu pada lokasi yang serupa.

Total dana yang dibutuhkan ditujukan untuk 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Febrio mengaku Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bersifat fleksibel dalam menghadapi persoalan terkini.

“APBN-nya akan tetap bisa fleksibel dan ini tentunya bagian dari selalu strategi kita untuk mengelola apbn itu fleksibel jadi kita memang selalu siapkan seperti beberapa tahun terakhir,” paparnya.

“Kita selalu gunakan istilah shock absorber jadi kalau misal ada kebutuhan di masyarakat yang disebabkan gejolak yang kita lihat di pasar global APBN-nya bisa tetap siap,” tegas Febrio.

Sumber : cnbcindonesia.com