INTIMES.co.id | BLANGPIDIE – Masyarakat Desa Babahlung, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyantuni anak yatim dan yatik piatu menjelang masuk bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Kepala Desa Babahlung, Zikri Ar mengatakan, aparatur desa bersama masyarakat setempat membawa anak yatim dan piatu makan siang bersama di pinggir laut di daerah Pantai Bali, Kecamatan Susoh, setelah bergembira dan makan bersama, rombongan kembali ke Musala desa.

“Sampai di Musala desa kita sama-sama mendengar ceramah ustad dan setelah itu baru dilaksanakan santunan,” kata Zikri Ar, Minggu, 12 Maret 2023.

Zikri berujar, kegiatan santunan anak yatim dan piatu ini dilaksanakan setiap tahun di momen-momen tertentu, seperti jelang ramadan dan lebaran.

“Saya dan aparatur desa lainnya berkomitmen dan akan terus berusaha melaksanakan kegiatan ini rutin setiap tahun. Soal nominal tentu akan terus kita upayakan meningkat,” ucap dia.

Zikri merincikan, untuk anak yatim jumlah santunan yang diterima sebesar Rp 1 juta dan anak piatu senilai Rp 700 ribu. Jumlah anak yatim yang menerima santunan sebanyak 19 orang dan piatu empat orang.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa menyantuni anak yatim dan piatu dalam rangka menyambut bulan suci ramadan 1444 hijriah. Kalau anggaran santunan ini kita kutip dari uang aparatur desa dan sumbangan se-ikhlasnya dari masyarakat kita,” sebutnya.

Zikri menyampaikan, santunan ini adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam. Sebab, santunan dan peduli kepada anak yatim itu adalah perintah Allah dan sangat dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW.

“Semoga dengan adanya santunan ini, anak-anak kita bisa merasakan kebahagiaan dan kegembiraan menyambut bulan suci ramadhan, sehingga mereka tidak merasakan kesedihan disaat meyambut bulan penuh keberkahan ini,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Zikri juga mengucapkam terima kasih kepada panitia santunan, masyarakat Desa Babahlung dan seluruh dermawan yang sudah memberikan sumbangan.

“Semoga kebaikannya kita semua akan mendapatkan balasan dari Allah dikemudian hari,” katanya.