INTIMES.co.id | SABANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno melakukan visitasi ke desa wisata Iboih, yang merupakan salah satu dari 75 besar desa wisata terbaik, yang telah lolos proses kurasi dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Lihat juga: Desa Aneuk Laot Sabang Mulai Dinilai ADWI 2023

Didampingi Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi dan Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal serta pihak terkait lainnya, Menparekraf bersama Ibu Nur Asia Uno, mengunjungi dan berbelanja, serta turut mempromosikan hasil karya UMKM & Ekraf Iboih di Pasar Seni Pantai Iboih.

Lihat juga: Pemko Sabang Siap Sambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Orang yang akrab di sapa Mas Menteri itu, juga mengunjungi spot Kuliner Ibu PKK Iboih dan tenda Kelompok Usaha Masyarakat di halaman pinggir pantai Iboih, sembari berjalan menuju Iboih Dive Center untuk melakukan diving bersama Pj Wali Kota Sabang.

Usai menyelam di spot diving Pulau Rubiah, Mas Menteri menetapkan Desa Iboih Kota Sabang sebagai salah satu desa wisata dari 75 desa wisata terbaik dalam ajang ADWI 2023.

“Saya menetapkan Desa Iboih sebagai desa wisata terbaik dan kami yakin kunjungan wisata ke sini akan semakin meningkat,” kata Sandiaga Uno, di Jembatan Teupin Layeu, Rabu (12/4)

Ia juga menyatakan bahwa spot snorkling dan menyelam (diving) di Desa Wisata Iboih Kota Sabang merupakan kualitas premium. Spot Snorkling tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal dan dikemas dengan baik karena merupakan daya tarik utama bagi wisatawan yang akan berlibur ke Sabang, khususnya Desa Wisata Iboih.

“Snorkling dan diving di Desa Wisata Iboih Sabang sangat luar biasa dan ini menjadi daya tarik utama untuk wisatawan berkunjung ke sini. Potensinya premium dan bisa dikembangkan dengan kelengkapan homestay yang lebih baik, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” ujar Mas Menteri.

Pada kesempatan tersebut, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, atas nama masyarakat Kota Sabang mengucapkan terima kasih kepada Mas Menteri yang telah hadir ditengah-tengah masyarakat khususnya para pelaku wisata di kota sabang.

Ia juga optimis dengan dukungan semua pihak di Sabang, khususnya Kemenparekraf, Sabang akan menjadi. Tujuan wisata kelas dunia.

“Kita terus berbenah dan meningkatkan sektor pariwisata di Sabang termasuk meningkatkan SDM nya. Oleh karena itu, kami berharap dukungan penuh dan bimbingan arahan pak menteri agar Sabang ini menjadi salah satu destinasi berkelas dunia,” pintanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh Almuniza Kamal, bahwa kehadiran Menparekraf di Kota Sabang menjadi semangat agar lebih menggali potensi daerah khususnya di Kota Sabang.

“Alhamdulillah tahun ini, sesuai arahan pak gubernur, kita untuk kota Sabang sedang membangun masterplane sebagai kota tua, dimana ini menjadi sebuah langkah untuk percepatan pembangunan apapun itu di Sabang terutama sektor pariwisata,” ungkapnya.

Dia berharap, dengan dukungan Pemerintah Provinsi, Gubernur Aceh, terutama Kemenparekraf di bawah naungan Sandiaga Salahuddin Uno, serta Pemerintah pusat, hal yang dicita-citakan ini akan terwujud.

Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga Salahuddin Uno juga meresmikan spot selfie Sandiaga Uno di bawah laut Pulau Rubiah yang terletak di Desa Iboih Sabang.[]