JAKARTA –  Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming masih menempati urutan pertama di survei IPO, namun duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengungguli Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hal ini sebagaimana hasil survei terkini yang dirilis oleh Lembaga Indonesia Political Opinion atau IPO mengenai peta elektabilitas tiga pasang calon di Pilpres 2024.

Survei IPO yang dirilis Senin (20/11) pekan ini, dilakukan pada periode 10-17 November 2023. Metode survei ini yakni multistage random sampling atau pengambilan sampel bertingkat dengan melibatkan 1.400 responden.

Survei dinyatakan memiliki pengukuran kesalahan atau margin of error 2,50% dengan tingkat akurasi data 95%. Untuk menguji validitas responden, IPO menyatakan melakukan spot check pada 10% sampel dari total populasi sampel.

Perihal elektabilitas ketiga capres, Prabowo menempati urutan pertama. Posisi kedua diisi Anies Baswedan dan ketiga ditempati Ganjar Pranowo.

1. Prabowo: 37,5%

2. Anies: 32,7%

3. Ganjar: 28,3%

Tidak tahu/tidak jawab: 1,5%

Dalam simulasi pasangan, Prabowo-Gibran menempati urutan pertama disusul Anies-Imin dan Ganjar Mahfud. Hasil ini didapat IPO dengan mengajukan pertanyaan, ‘Jika hari ini dilaksanakan Pemilihan Presiden, dari nama-nama pasangan kandidat ini siapakah yang Bapak/Ibu akan pilih?

1. Prabowo-Gibran: 36,2%

2. Anies-Imin: 34,1%

3. Ganjar-Mahfud 27,1%

Belum menentukan pilihan: 2,6%