INTIMES.co.id | QATAR  – Malaysia mengukir hasil dramatis setelah mencetak gol pada masa injury time babak kedua untuk membuat skor imbang 3-3 melawan Korea pada laga terakhir Grup E Piala Asia 2023 di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Kamis (25/1) malam WIB.
Korea Selatan menguasai permainan sejak menit awal. Akan tetapi Korea baru mendapatkan peluang gol pada menit ke-15 melalui Song Heung Min.

Tendangan kaki kiri Son Heung Min usai memanfaatkan operan Jeong Woo Yeong bisa digagalkan Syihan Hazmi.

Satu menit berselang Korea kembali memberikan ancaman. Tetapi tendangan kaki kanan Hwang In Beom dari luar kotak penalti menyamping di sisi kiri gawang Malaysia.

Korea akhirnya unggul 1-0 atas Malaysia pada menit ke-21. Winger Jeong Woo Yeong menyundul bola ke gawang Malaysia setelah memaksimalkan umpan sepak pojok Lee Kang In.

Gol Jeong Woo itu harus dilihat dengan VAR lantaran kiper Hazmi dianggap membuat penyelamatan. Akan tetapi tayangan VAR menunjukkan bola lebih dulu melewati garis gawang sebelum ditepis keluar Hazmi.

Malaysia nyaris tidak berkutik dalam pertandingan. Setiap upaya serangan balik Harimau Malaya bisa dipatahkan Korea sebelum sampai di garis pertahanan.

Korea hampir mencetak gol kedua pada menit ke-44. Hanya saja sundulan Cho Gue Sung kembali dimentahkan kiper Hazmi.

Malaysia di luar dugaan bisa menyamakan kedudukan pada awal babak kedua. Faisal Halim membobol gawang Korea yang membuat skor imbang 1-1 pada menit ke-51

Tekanan yang dilakukan Malaysia di area permainan Korea berbuah peluang. Kesempatan itu tidak disia-siakan Faisal Halim yang dengan cerdik menendang bola ke gawang dari sudut sempit tanpa mampu diantisipasi kiper Korea, Joo Hyeon Woo.

Sebelas menit berselang, Harimau Malaya mendapatkan hadiah penalti dari wasit setelah Arif Aiman dilanggar di kotak penalti. Eksekusi dari tendangan 12 pas diberikan setelah pengamatan melalui Video Assistant Referee (VAR).

Arif Aiman mengambil sendiri tendangan penalti dan berhasil menggetarkan gawang Korea untuk membuat skor jadi 2-1.

Korea tampak berusaha untuk membalas gol Malaysia. Upaya untuk menyamakan kedudukan dimotori Son Heung-min dan Lee Kang In.

Taegeuk Warriors akhirnya bisa mencetak gol penyama kedudukan melalui tendangan bebas indah Lee Kang In pada menit ke-83. Bola tendangan bebas pemain Paris Saint-Germain itu mengenai mistar lalu masuk ke gawang setelah mengenai tangan kiper Malaysia, Syihan Azmi.

Pada menit ketiga masa injury time babak kedua, Korea mendapatkan hadiah penalti Oh Hyeon-Gyu dilanggar Junior Eldstal di kotak penalti. Son yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugas dengan sempurna untuk membuat skor jadi 3-2.

Malaysia tidak menyerah setelah kembali tertinggal di laga ini. Hasilnya Romel Morales bisa mencetak gol lewat tendangan mendatar yang menggetarkan gawang Korea pada menit ke-90+15. Skor akhir pun berubah menjadi 3-3 hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua.

Susunan Pemain Korea vs Malaysia

Korea: Joo Hyeon Woo; Kim Tae Hwan, Kim Min Jae, Kim Young Gwon, Seol Young Woo; Lee Kang In, Lee Jae Sung, Hwang in Beom, Jeong Woo Yeong; Son Heung min, Cho Gue Sung.

Malaysia: Syihan Hazmi; Sharul Saad, Dion Cools, Dominic Tan; Daniel Ting, Brendan Gan, Stuart Wilkin, La’Vere Corbin Ong; Arif Aiman, Darren Lok, Faisal Halim.

Sumber : cnnindonesia.com