INTIMES .co.id – Timnas Indonesia kalah dari Irak pada laga fase grup Piala Asia 2023 (2024) yang berlangsung di Stadion Ahmad Bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1) malam.
Irak mendominasi penguasaan bola sejak awal pertandingan. Laga baru berjalan tiga menit, gawang Ernando Ari sudah dalam ancaman. Umpan sepakan bebas nyaris dimanfaatkan Ossama Rashid lewat sundulan. Bola masih melebar.

Peluang Irak tersebut dibalas melalui lemparan ke dalam Pratama Arhan yang berbuntut tendangan Marselino Ferdinan yang mengenai mistar gawang.

Upaya Irak mengurung pertahanan Indonesia dan memutus aliran bola skuad Merah Putih menghasilkan gol pada menit ke-17. Mohanad Ali mencetak gol ke gawang Ernando setelah pemain-pemain Indonesia gagal memotong bola Irak yang memanfaatkan kesalahan Jordi Amat dalam menguasai bola.

Indonesia mencoba merespons ketertinggalan. Gol baru bisa tercipta pada menit ke-36 melalui Marselino Ferdinan.

Sebuah serangan yang apik dari kaki Ivar Jenner dilanjutkan pergerakan impresif Yakob Sayuri. Menerobos masuk ke kotak penalti, Yakob kemudian mengirim bola ke tiang jauh dan Marselino membobol gawang Irak.

Pada menit akhir babak pertama Irak mencetak gol melalui Rashid. Gol pada menit ketujuh injury time menjadi perbincangan karena sebelum gol tercipta ada sebuah peluang Irak yang disinyalir offside.

Empat menit setelah babak kedua dimulai gawang Indonesia kembali bobol. Amir Al Amari dinyatakan berada di posisi offside sebelum menuntaskan serangan.

Pada menit ke-54 giliran Ali Jassim yang melakukan ancaman dengan melepas tembakan. Bola masih melambung dari sasaran.

Sementara Indonesia mencoba menggedor pertahanan Irak lewat sodoran Rizky Ridho yang masih belum bisa dimanfaatkan Marselino. Sementara sundulan Struick dalam kesempatan selanjutnya masih belum mengancam.

Amir Al Amari kembali mengancam lewat sepakan dari dalam kotak penalti yang masih melenceng tipis dari gawang Indonesia pada menit ke-65.

Gawang Indonesia kebobolan pada menit ke-75. Aymen Hussein mencetak gol setelah memanfaatkan umpan crossing dari sisi kanan. Sempat berduel dengan Rizky, Aymen kemudian menyambut bola liar dan melepas tembakan kencang dari jarak dekat.

Pada menit akhir babak kedua Ahmed Yahya punya peluang mencetak gol, namun bola yang disepaknya masih melebar.

Skor 3-1 untuk kemenangan Irak tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain Inti Indonesia vs Irak:

Indonesia: Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Justin Hubner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Rafael Struick

Irak: Irak: Jalal Hassan (PG); Hussein Ali Haidar, Saud Natiq, Ali Adnan, Merchas Gazhi; Osama Rashid, Ibraheem Bayesh, Amir Al Ammari; Zidane Iqbal, Mohanad Ali, Ali Jasim

Sumber : CNN INDONESIA