INTIMES.co.id | JAKARTA – Ketua Umum PW MES Sumut Musa Rajekshah yang biasa dipanggil Bang Ijeck hadiri Munas VI MES di Jakarta dari tanggal 30 September hingga 1 Oktober 2023.

Dalam kesempatan itu, Bang Ijeck tidak hadir sendirian ia turut hadir bersama PW MES Sumut lainnya yakni Kaswinata selaku Sekretaris Umum, Sugianto Ketua Harian, serta PD MES Kab/Kota se-Sumut.

Bang Ijeck yang menjadi pembicara dalam acara Munas tersebut menyampaikan strategi penguatan kontribusi ekonomi dan keuangan syariah. Ia membuka paparannya dengan menyinggung soal keberkahan ekonomi.

“Bisnis syariah wajib menggunakan cara-cara yang bermoral, berakhlak, halal, tidak licik, dan tidak melakukan penipuan. Dengan demikian, dampak dari bisnis tersebut mencapai keberkahan,” ungkapnya.

Dalam penyampaiannya, Bang Ijeck juga menekankan lima prinsip yang menjadi strategi penguatan ekonomi syariah seperti kemashalatan, universal, keadilan, keseimbangan, dan persaudaraan.

“Tujuan syariah itu mencegah kemudharatan serta mendatangkan kemaslahatan, maka kemashlahatan menjadi yang utama,” ucapnya.

Musa juga turut memaparkan tentang perkembangan perbankan syariah di Sumut serta perkembangan zakat dan wakaf di wilayah tersebut. Tidak hanya itu, dirinya juga menyebutkan potensi ekonomi dan keuangan syariah di Sumut.

“Perbankan syariah, Lembaga Keuangan Syariah (LKS) lainnya, sektor wisata, sektor industri halal, sektor sosial Islam, serta ekosistem halal yang kesemuanya menjadi potensi ekonomi dan keuangan syariah,” ucapnya.

Diakhir Bang Ijeck menutup bahwa Ekonomi Syariah adalah merupakan Rahmatan Lil Alamin dan baik diterapkan tidak hanya bagi umat Islam.

“Hal ini dapat kita lihat bahwa Ekonomi Syariah maju dan berkembang pesat di negara negara berkembang yang mayoritas penduduknya bukan Muslim,” kata dia.[]

Fakhrur
Editor