INTIMES.co.id | JAKARTA – Calon wakil presiden atau cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyinggung cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang membaca catatan dalam debat cawapres kedua di Jakarta Convention Center atau JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad, 21 Januari 2024. Cak Imin tampak berbicara sambil beberapa kali melihat catatan saat menjawab pertanyaan moderator.

Dalam segmen kedua itu, moderator bicara tentang perubahan iklim ekstrem yang mengancam produksi dan kualitas gizi pangan. Moderator pun bertanya tentang strategi menghadapi dampak perubahan iklim terhadap produksi dan kualitas gizi pangan itu.

Cak Imin mengatakan tanpa krisis iklim pun, persawahan pertanian tak memiliki akses air yang memadai. “Yang lebih fatal lagi, dalam mengadakan pengadaan pangan nasional, petani tidak dilibatkan, dan bahkan hanya melibatkan korporasi,” ucap Cak Imin.

Dia mengatakan, reforma agraria menjadi prinsip pengadaan lahan, pemberian pupuk yang cukup dan terjangkau, dan program perlindungan gagal tanam gara-gara krisis iklim. “Pengembangan irigasi dan subsidi pupuk tidak bisa dielakkan,” ujar dia.

Usai Cak Imin menjawab, moderator mempersilakan Gibran untuk menanggapi. Dia pun mengawali jawabannya dengan menyinggung perilaku Cak Imin yang tampak beberapa kali melihat catatan. “Enak banget, ya, Gus, ya, jawabnya sambil baca catatan tadi,” ujar Gibran.

Sumber : tempo.co