Intimes.co.id | Jakarta – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menyampaikan selamat bertanding kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang terpilih menjadi calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

“Selamat, mudah-mudahan akan bertanding secara fair (adil), sehat, dan menyenangkan,” ujar Ganjar di Media Center TPN Ganjar Presiden, kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (22/10).

Ganjar menyatakan bahwa semua warga negara yang telah memenuhi syarat memiliki hak untuk ikut berpartisipasi dalam kontestasi politik. “Semua warga negara punya hak untuk ikut serta dalam sebuah kontestasi,” ucap Ganjar.

Senada dengan Ganjar, Mahfud pun menyampaikan hal yang sama. “Selamat bertanding,” katanya. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah resmi mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presidennya.

Pengumuman ini dilakukan usai semua ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10) malam.

Prabowo mengatakan, KIM yang terdiri dari delapan partai politik yaitu Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Partai Garda Republik, dan Partai Prima telah berembug secara final, secara konsensus dan seluruhnya sepakat mengusung Prabowo subianto sebagai calon presiden (capres) dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari KIM periode 2024-2029.

“Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus dan kami siap maju untuk Indonesia maju,” tegas Prabowo dalam jumpa pers di kediamannya, Minggu (22/10). Prabowo mengatakan, ia dan Gibran akan mendaftarkan pencalonannya pada Rabu (25/10) mendatang ke KPU. “Demikian yang bisa saya sampaikan untuk masyarakat umum,” katanya.

Sumber : katadata.co.id