INTIMES.co.id | MENTAWAI – Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 7.3 terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa terjadi.

Lihat juga: Sandiaga Uno Pamit dari Gerindra, Titip Salam Maaf untuk Prabowo

Dari laporan BMKG, gempa terjadi pada Selasa (25/4) pukul 03:00 WIB dini hari. Titik pusat gempa dilaporkan berada di 177 km dari barat laut Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 84 km.

Getaran gempa ini dilaporkan terasa kuat oleh sejumlah masyarakat di Sumatera Barat dan Sumatera Utara (Sumut).

Lihat juga: Safaruddin Serahkan Bantuan untuk Warga Babahrot Korban Kebakaran Rumah

BMKG melaporkan gempa ini tidak berpotensi memicu terjadinya tsunami. Belum ada informasi mengenai kerusakan yang timbul akibat gempa ini tetapi getaran gempa cukup membuat perabotan hampir jatuh.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini tsunami di wilayah Sumatera Utara. “Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah: SUMUT, Gempa Mag: 7.3, 25-Apr-23 03.00.57 WIB,” dikutip intimes.co.id dari twitter resmi BMKG, Selasa (25/4).

Adapun kawasan yang waspada tsunami adalah Nias dan Selatan Pulau Tanabala Sumut.

“Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status “Waspada” diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai,” tulis laman BMKG tersebut.[]