INTIMES.co.id | MEDAN – Dalam menghadapi insiden viral baru-baru ini, Forum Zakat Sumatera Utara (FOZ Sumut) menyesali tindakan tiga wanita yang diduga menggalang dana untuk Palestina namun untuk kepentingan pribadi, Rabu (15/11).

Sulaiman selaku Ketua Foz Sumut, menegaskan tanggapan dari FOZ Sumut ini sebagai upaya menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap aksi kemanusiaan di Sumatera Utara.

“Kami sangat menyayangkan hal ini terjadi dan berharap pihak berwajib segera menangkap oknum tersebut. Ini bukan hanya untuk efek jera, tapi juga agar tindakan serupa tidak merugikan kepercayaan masyarakat,” ujar Sulaiman.

Dalam upayanya menanggapi krisis kemanusiaan di Palestina, Sulaiman mendorong masyarakat untuk mendukung aksi galang donasi yang dijalankan oleh lembaga-lembaga resmi yang berizin, termasuk anggota FOZ Sumut.

“Kami menghimbau agar masyarakat menggandeng lembaga resmi dalam menggalang donasi. Foz Sumut sendiri memiliki 17 anggota yang terbuka untuk menjalin kerjasama,” tambah Sulaiman.

Seperti data yang dihimpun dari FOZ Sumut. Per tanggal 8 November, Forum Zakat Sumatera Utara melalui lembaga yang tergabunh telah berhasil menghimpun donasi sebesar 3 milyar rupiah untuk Palestina.

Dana tersebut telah disalurkan melalui lembaga masing-masing dengan berbagai konsep bantuan, seperti Dapur Umum, Bantuan Medis, Bantuan Air Bersih, dan logistik lainnya.

Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara yang telah mempercayakan donasinya melalui lembaga anggota FOZ Sumut.

“Kami mengucapkan terima kasih atas solidaritas masyarakat Sumut dalam membantu korban di Palestina. Semoga tidak ada lagi oknum-oknum yang menyalahgunakan peristiwa Palestina ini,” harapnya.

Berikut daftar nama 17 anggota FOZ Sumut yang telah memiliki izin resmi. Inisiatif Zakat Indonesia, Daarut Tauhid, Rumah Yatim Arrohman Indonesia, Ulil Albab, Dompet Dhuafa Waspada, Bulan Sabit Merah Indonesia, Nurul Hayat, Baitul Maal Hidayatullah, Rumah Zakat, Mandiri Amal Insani Region I/Sumatera 1, Yakesma Sumut, LAZ Persis, PPPA Daarul Qur’an, Yatim Mandiri, Lazis Muhammadiyah, YBM Brilian dan Sahabat Yatim Indonesia

Kini, aksi 3 wanita yang terjadi di Binjai itu pun masih dalam penyelidikan Polres Binjai dan telah diketahui identitas para wanita tersebut.[]

Fakhrur
Editor