INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar rapat kerja (raker) untuk penyusunan program kerja dan anggaran tahun 2024 mendatang, Rabu (21/6/2023) bertempat di Aula fakultas tersebut.

Rapat kerja yang dirangkai dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan program kerja dan anggaran turut menghadirkan narasumber Yashier Arafhat dan Aulia Kesuma selaku Perencana Ahli Madya pada Bagian Perencanaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh Syarifuddin mengatakan bahwa tantangan yang akan dihadapi perguruan tinggi ke depan sangat beragam. Oleh karena itu, Syarifuddin berharap melalui rapat kerja tahunan ini agar bisa menghasilkan program-program kerja yang lebih inovatif, terukur dan hasilnya akan menjadi acuan untuk program kerja tahun 2024.

Lebih lanjut, kata Syarifuddin melalui raker ini Fakultas Adab dan Humaniora terus menyiapkan strategi khusus untuk pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) melalui Perjanjian Kerja (PK) dimana target di tahun 2024 mengalami peningkatan.

“Fakultas dan institusi harus siap menjawab tantangan zaman terutama dalam mendukung akreditasi dan AMI dalam merespon percapaian visi misi dan arah pengembangan UIN Ar-Raniry Banda Aceh menuju kampus unggul,” ujar Syarifuddin.

Dalam kesempatan tersebut, Syarifuddin berharap program-program yang disusun sebaiknya selalu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen dalam proses pembelajaran. Menurutnya, peningkatan kualitas dosen dan proses pembelajaran adalah salah satu program yang sangat penting dan berdampak secara signifikan terhadap kompetensi lulusan dan mahasiswa.

“Perguruan tinggi harus memastikan bahwa dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan agar mereka bisa beradaptasi dengan tuntutan perubahan ekonomi dan kebutuhan pasar,” tegas Syarifuddin.

Sementara itu, ketua pelaksana, Sanusi dalam laporannya menyebutkan pelaksanaan rapat kerja tahun 2023 dilaksanakan untuk membahas rencana program kerja dan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

“Hasil dari raker yang dibahas pada kesempatan ini dapat menghasilkan program-program yang lebih terarah dan tepat sasaran untuk mengukur hasil capaian kinerja tahun 2023 dan menjadi dasar acuan untuk menghasilkan program kerja tahun 2024,” ungkap Sanusi yang juga Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan FAH UIN Ar-Raniry.

Kegiatan rapat kerja ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari Dekan, para Wakil Dekan, Kabag Tata Usaha, Sub Koordinator, Senator, ketua program studi dan unit-unit kerja di lingkungan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry Banda Aceh.[]

Fakhrur
Editor