INTIMES.co.id | BLANGPIDIE – SMAN Unggul Harapan Persada Aceh Barat Daya (Abdya) berkolaborasi dengan para alumninya, menggelar perayaan hari ulang tahun (HUT) sekolah yang ke-20.

Peringatan hari jadi sekolah tersebut menghadirkan serangkaian acara dimulai sejak 24 hingga 31 Juli 2023, dengan mengusung tema Tumbuh dengan Prestasi, Bersatu dalam Silaturahmi, Bersama Wujudkan Mimpi.

Ketua Ikatan Alumni Harapan Persada (IKA-Harpa), Marjan, mengatakan peringatan semarak HUT ke-20 Harpa dikemas dengan ragam acara dan perlombaan seperti olahraga, seni, dan akademik.

“Ajang perlombaan ini dibuka untuk seluruh siswa-siswi SMA sederajat se-Abdya. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk menumbuhkan semangat prestasi dan kebersamaan di kalangan pelajar,” katanya.

Tak hanya itu, sebut Marjan, dalam kegiatan perayaan hari lahirnya sekolah tersebut pihaknya juga membuka ruang bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Abdya untuk mempromosikan produk unggulan mereka masing-masing.

“Kita juga membuka Expo UMKM yang nantinya bisa dikunjungi para peserta lomba dan masyarakat Abdya,” ujarnya.

Selain itu, sebut Marjan, salah satu kegiatan paling dinantikan seluruh keluarga besar Harpa yaitu temu ramah antar alumni dari angkatan pertama hingga 18, serta menghadirkan para guru dan kepala sekolah yang pernah berdedikasi untuk kemajuan SMAN Unggul Harapan Persada.

Dalam acara temu ramah itu nantinya, para alumni akan berbagi pengalaman dan kesuksesan mereka setelah meninggalkan sekolah. Begitu juga dengan para guru yang pernah mengajar di sana.

“Kita tahu kalau SMA Harpa sudah banyak melahirkan para alumni hebat dan saat ini sudah bekerja dilintas profesi. Tujuan dari kegiatan temu ramah itu nantinya untuk mempererat kembali tali silaturahmi antara sesama yang mungkin sudah lama tidak bertemu,” tuturnya.

“Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momen untuk mempererat hubungan antara guru dan siswa yang masih aktif di Harapan Persada,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN Unggul Harpa, Subarianto, mengharapkan kegiatan semarak HUT Harpa ke-20 dapat memberikan inspirasi dan semangat baru bagi semua anggota keluarga besar sekolah.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kita semua dapat tumbuh dengan prestasi, bersatu dalam silaturahmi, dan bersama-sama mewujudkan mimpi-mimpi kita,” katanya.

Selain itu, Subarianto juga berharap di balik kegiatan HUT tersebut bisa menjadi motivasi bagi para peserta didiknya untuk meningkatkan prestasi khususnya bidang akademik, serta berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Abdya.

“Semoga kegiatan Semarak HUT ke-20 Harapan Persada ini dapat sukses dan memberikan manfaat besar bagi semua pihak yang terlibat. Semoga semangat prestasi dan kebersamaan terus terjaga untuk mencapai mimpi-mimpi yang lebih besar,” ucapnya.

Lebih lanjut, Subarianto mengungkapkan, pelaksanaan HUT ke-20 tersebut memang telah direncanakan sejak setahun yang lalu. Salah satu tujuannya ialah untuk memberikan dampak positif bagi seluruh keluarga besar sekolah.

“Kita mempunyai tujuan untuk menyatukan persepsi di mata masyarakat bahwa Harpa itu betul- betul bisa menjalankan pendidikan yang berbasis dengan akademik, olahraga, dan seni,” tegasnya.

“Terutama dalam melahirkan peserta didik yang unggul dalam prestasi cerdas, tangkas, bermoral, menuju profil pelajar pancasila,” lanjutnya.

Namun demikian, kata Subarianto, terselenggaranya kegiatan tersebut juga tidak terlepas dari dukungan para alumni dan dewan guru yang ikut terlibat langsung.

“Kita sangat mengapresasi, karena kegiatan HUT ini sangat didukung penuh oleh alumni dari angkatan satu sampai 18. Termasuk dewan gurudan siswa semuanya ikut terlibat,” pungkasnya.[]

Berikut perlombaan Semarak HUT ke-20 Harapan Persada:

1. Rangking 1

2. Karya Tulis

3. Boma Mini (Putra)

4. Voly (Putra)

5. Kasti (Putri)

6. Tenis Meja (Putri)

7. Vocal Duet

8. Seni Inovasi Adat dan Budaya

9. Film Pendek

Fakhrur
Editor