INTIMES.co.id | JAKARTA – Keberhasilan Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dipastikan setelah Kirgistan menahan imbang Oman pada laga terakhir fase grup hari Kamis, 25 Januari 2024. Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun mengungkapkan keinginannya untuk memberikan kado ke tim berjuluk White Falcons tersebut sebagai ucapan terima kasih.

“Saya kemarin sudah minta untuk kirim sesuatu ya. Tetapi, bukan berarti kita nanti disangka melakukan ini (suap). Intinya saya mengucapkan terima kasih,” ujar dia saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 26 Januari 2024.

Timnas Indonesia sebelumnya mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah menempati urutan keempat dalam klasemen peringkat ketiga terbaik. Kepastian itu didapat usai Kirgistan menahan imbang Oman yang merupakan pesaing terdekat Tim Merah Putih dalam laga terakhir grup F.

Hasil imbang membuat Oman gagal menggeser Indonesia setelah hanya mampu mengumpulkan dua poin dari dua kali hasil imbang dan satu kalah. Tim asuhan Shin Tae-yong mengoleksi tiga poin usai mencatatkan satu kali menang dan dua kali kalah.

Terlepas dari kondisi itu, Erick tetap mengapresiasi perjuangan para pemain timnas Indonesia yang telah bekerja keras selama fase grup. Mantan Presiden Klub Inter Milan itu ingin ke depannya nasib Pasukan Garuda tak bergantung lagi dengan tim lain. “Kalau kita mau tim kita kuat ya tidak boleh tergantung dengan negara lain karena harus dari diri kita sendiri yang memang benar-benar mempersiapkan,” ujar dia.

Timnas Indonesia selanjutnya akan menghadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 pada Minggu, 28 Januari 2024. Secara rekor pertemuan, Socceroos mendominasi dengan total 14 kali menang berbanding satu milik Indonesia, dan sisanya berakhir imbang. Terakhir kali kedua tim bersua pada 2010 dalam kualifikasi Piala Asia 2011. Kala itu, Skuad Garuda takluk dengan skor 0-1.

Erick Thohir meminta Marselino Ferdinan dan kawan-kawan untuk tetap memberikan performa terbaiknya dalam laga tersebut. “Saya bilang sama tim jangan berpuas diri, sudah lolos ke 16 besar terus sudah. Kembali kita harus kasih yang terbaik, siapa tahu ada kejutan dari Indonesia.”

Sumber : tempo.co