INTIMES.co.id | JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir mencopot direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi. Adapun pencopotan tersebut merupakan buntut dari kebakaran Depo BBM Pertamina Plumpang Jumat pekan lalu.

Rencana pencopotan ini sebelumnya sempat dilontarkan Menteri BUMN Erick Thohir, namun ia enggan merinci lebih lanjut. Menegaskan pernyataan Erick, Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan pencopotan salah satu direksi PT Pertamina yakni Dedi Sunardi.

“Pak Dedi Sunardi yang digantikan sebagai Direktur Penunjang Bisnis. Sementara ditugaskan kepada Pak Erry Widiastono,” kata Pahala saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/3/2023).

Pahala mengatakan, saat ini jabatan untuk posisi Direktur Penunjang Bisnis Pertamina akan digantikan sementara kepada Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Erry Widiastono. Saat mengunjungi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Erick sempat menyebut rencana pencopotan direksi Pertamina jika memang diperlukan. Pencopotan direksi Pertamina yang dinilai tidak bekerja dengan baik, juga pernah ia lakukan sebelumnya.

“Direksi Pertamina kan pernah saya copot, tapi kalau perlu saya copot lagi, ya saya copot lagi,” kata Erick. Erick juga meminta seluruh BUMN untuk segera membentuk tim manajemen risiko bisnis.

Hal ini dinilai penting sebagai mitigasi atas kejadian atau hal yang tidak diinginkan, contohnya insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

“Saya minta untuk seluruh BUMN seluruhnya harus membentuk tim risiko bisnis, gak cuma keuangan tapi seluruh operasional. Saya akan review. Saya akan investigasi, apakah ada perbaikan,” tegas Erick.

Sumber | Kompas.com