INTIMES.co.id | JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Nezar Patria sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (17/7).

Wamenkominfo merupakan jabatan baru yang dibentuk Jokowi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 22 Tahun 2023 tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditandatangani pada 17 April 2023.

“Bersedia,” jawab Nezar Patria saat ditanya Jokowi soal kesiapannya menjadi Wamenkominfo dan diambil sumpah sesuai agamanya.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Nezar Patria mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi.

Nezar Patria merupakan mantan aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD). Lulusan S1 Filsalat Universitas Gajah Mada (UGM) itu sempat menjadi korban penculikan pada masa orde baru (orba).

Nezar memulai kariernya sebagai wartawan di sejumlah media pada masa akhir tahun tumbangnya rezim orba hingga 2020. Selama menjadi jurnalis, Nezar pernah menjabat sebagai Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia pada periode 2008-2011.

Dia kemudian menjadi Direktur Kelembagaan PT Pos Indonesia pada 2020 hingga kemudian dilantik menjadi Wamenkominfo.

Selain itu, Nezar juga menjabat sebagai Staf Khusus (stafsus) Menteri BUMN Erick Thohir Bidang Komunikasi. Pada 2014, Nezar sempat menjadi Wakil Pemimpin Redaksi CNNIndonesia.com, selama satu tahun.

Sumber : CNN Indonesia

Fakhrur
Editor