DOHA – Dukungan mengalir deras dari para pencinta sepakbola Tanah Air kepada Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang baru saja gugur dari Piala Asia 2023. Banyak netizen dimulai dari rakyat biasa, selebritis, hingga klub sepakbola lokal yang bangga dan mengucapkan terima kasih kepada para penggawa Garuda yang sudah berjuang hingga lolos ke 16 besar.

Seperti diketahui, perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 harus terhenti di babak 16 besar. Kepastian itu didapat Rafael Struick dan kolega usai kalah dari Australia 0-4 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia yang sempat memberi perlawanan sengit di awal laga harus kebobolan lebih awal ketika Elkan Balggott salah mengantisipasi tendangan Jackson Irvine pada menit ke-12. Usai kebobolan, pasukan Shin Tae-yong melakukan beberapa serangan balik melalui Rafael Struick dkk, meski tak menjadi gol.

Sayangnya, Timnas Indonesia justru kembali kebobolan lewat gol Martin Boyle setelah menyundul umpan silang Gethin Jones di pengujung babak pertama. Gol ketiga Australia tercipta pada menit ke-89 via Craig Goodwin. Terakhir, Harry Sauttar mencetak gol keempat Australia sekaligus memastikan timnya lolos ke perempatfinal.

Sementara itu, perjuangan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 harus terhenti. Meski kalah, skuad Garuda bermain cukup bagus saat menghadapi juara Piala Asia 2015 itu dengan menguasai bola sebanyak 48 persen, 5 percobaan, 1 di antaranya tepat sasaran.

Pada laga-laga sebelumnya di fase grup Piala Asia 2023, Timnas Indonesia juga tampil cukup menjanjikan di bawah asuhan Shin Tae-yong hingga menciptakan sejarah baru yakni lolos ke 16 besar. Tak heran jika skuad Garuda banjir pujian dari para netizen Indonesia karena permainannya sudah mengalami peningkatan.

“TOMBOL BANGGA DENGAN PERMAINAN GARUDA HARI INI,” tulis komentar akun muhammadd_yudha di unggahan Instagram resmi AFC.

“Gokil STY!!! ini Indonesia udah berada di dimensi lain, gue nggak liat skor atau pun lolos nggak nya!TAPI cara main, cara meladeni lawan begitu enak diliat SUMPAH!!!! Apapun hasilnya perpanjang kontrak STY #stystay,” timpal @dylanjan

“Manifestasi hal baik buat ke depannya!,” sahut @mariodelano.

Bahkan, selebritis Tanah Air seperti Darius Sinathrya juga turut bangga terhadap Timnas Indonesia. Begitupun dengan klub sepakbola Indonesia seperti Sriwijaya FC dan elemen lainnya yang memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada skuad Garuda.

“Terima kasih Garuda!! Edisi berikutnya di Arab Saudi, kita lolos 8 besar!!,” tulis @darius_sinathrya.

Perjuangan kalian luar biasa. Meski kalah masa depan sudah terlihat cerah. Terimakasih Garuda,” cetus @sriwijayafc.id

“Terima Kasih Garuda, proud of you guys,” tukas @timrrq.

Sumber : Okezone.com