INTIMES.co.id | PANGKALPINANG – Ketua DPRD Bangka Belitung, H Herman Suhadi menyarankan pemerintah bangka belitung untuk untuk belajar sekaligus mengkloning sistem pelayanan perpajakan daerah berbasis digitalisasi sebagaimana diterapkan pemerintah sumater selatan. Baru baru ini, Rabu (14/06/2023).

Hal itu bertujuan penerimaan pajak di daerah lebih optimal dan efesien yang selama ini dianggap masih belum tepat sasaran, sehingga pembangunan di daerah masih terhambat.

“DPRD terus mendorong inovasi sistem pelayanan perpajakan daerah sehingga lebih maksimal lagi, tetapi tentu saja hal itu harus dilakukan tanpa membebani kehidupan masyarakat,” Ujarnya.

Pihaknya mesti menimba ilmu kepada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang lebih awal menerapkan perpajakan berbasis digitalisasi, dan menurutnya sistem tersebut dinilai sukses dan laik diterapkan di bangka belitung.

Ketua DPRD itu pun mendorong pihak lain seperti OPD dan Komisi II untuk mendukung langkah tersebut. Sebagaimana oleh pihak Komisi II yang menangani bidang itu. Sehingga, pemerintah tidak dianggap hanya mengejar pendapatan saja tapi tidak memperhatikan kemudahan bayar pajaknya.

“Respon dari teman-teman di Komisi II itu juga luar biasa. Sesuai kewenangan kami, seperti di penggaraan, legislasi dan pengawasan. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan, khususnya samsat ya sebisa mungkin jika anggaran itu memadai akan dipenuhi.”

Jika telah berjalan, sistem perpajakan dapat dikontrol secara bersakala dan lebih transparan.

Redaksi