INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Para dokter bedah Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) – RSU Zainal Abidin beserta dokter peserta didik dari rogram studi dokter spesialis bedah FK USK, mengadakan pengabdian masyarakat yang diselenggarakan di Puskesmas Lampulo, mulai tanggal 6-10 Maret 2023.

Kepala Program Studi Ilmu Bedah FK USK, Dr. dr. Jufriady Ismy, Sp.U (K) dalam pembukaan kegiatan ini menyampaikan, bahwa pengabdian masyarakat merupakan kegiatan rutin oleh prodi bedah FK USK- RSUZA, sebagai bentuk tanggung jawab dokter terhadap kesehatan masyarakat.

Lihat juga: Penampilan Tari Kolosal Bakal Meriahkan Pembukaan Sabang Marine Festival 2023

“Jika selama ini masyarakat harus ke Rumah Sakit untuk berjumpa dokter, kali ini dokter spesialis bedah yang akan langsung melayani masyarakat di Puskesmas,” katanya, Rabu (15/3/2023).

Ketua panitia pengabdian masyarakat Program Studi dokter spesialis ilmu bedah FK USK, dr. Yumna Muzakkir M. Ked.Klin Sp.BA menyampaikan, kegiatan ini bekerja sama dengan Puskesmas Lampulo dan diperuntukkan bagi masyarakat sekitar dengan rangkaian acara berupa penyuluhan kesehatan, sunatan massal dan pelayanan dokter spesialis.

“Peserta yang mengikuti kegiatan sunatan masal ini berkisar 20 anak. Dan khusus untuk bagian urologi, didatangkan alat berupa USG untuk melakukan screening gangguan ginjal bagi masyarakat,” sebutnya.

Penyuluhan juga dilakukan  untuk mengedukasi masyarakat mengenai gangguan saluran kemih oleh dr. Said Alfin Sp.U dan mengenai penyakit degeneratif tulang oleh dr. Zulkarnaini, Sp.OT (K). Kegiatan lain yang  dilakukan adalah pengobatan oleh dokter spesialis Urologi, orthopaedi, dan bagian lain.

Lihat juga: Pemkab Abdya Tetapkan Hari Meugang Selasa, 21 Maret 2023

Pada hari terakhir kegiatan pengabdian masyarakat, dilakukan rangkaian kegiatan acara dan sekaligus memperkenalkan program studi ilmu bedah kepada masyarakat dan seluruh staf puskesmas lampulo oleh dr. Noer Faisal Darmi Sp.B (K)Onk dan penutupan acara oleh Dr. dr. Dahril Sp.U. FRACS.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Lampulo, Hayatun Rahmi, SKM mengapresiasi rangkaian kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Lampulo. Ia berharap Pengabdian Masyarakat oleh dokter FK USK, nantinya akan berlanjut dan berkesinambungan, sehingga mendatangkan manfaat yang lebih luas.

Acara ini juga dihadiri oleh  beberapa staf prodi ilmu bedah diantaranya Dr. dr. Azharuddin Sp. OT(K), dr. Muntadhar, Sp.B, Sub. Sp. Ped (K) dan Dr. dr. Imam Hidayat Sp. BS, dan beberapa Staf lain.[]