INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, gelar pelatihan seni rupa melalui komputer melalui design komputer.

Kegiatan yang mengusung tema “Visual Digital Aceh Art Vector” berlangsung selama empat hari, 13-16 Juni 2023, di salah satu hotel di Banda Aceh.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Seksi Pengembangan SDM dan Kesenian Disbudpar Aceh, Syahrul Arbi, Rabu (13/6).

Kabid Seni dan Bahasa Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah mengatakan, pelatihan seni rupa melalui komputer ini merupakan salah satu kegiatan strategis Disbudpar Aceh dalam rangka pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesenian.

Kegiatan ini, katanya, telah dilaksanakan pada tahun lalu dan berlangsung sukses.

“Melihat antusias dan histeria peserta Pelatihan Seni Rupa Melalui Desain Computer tahun lalu, kami menyimpulkan untuk kembali mengadakan pelatihan tersebut ditahun ini,” kata Nurlaila.

Tahun ini, katanya, pihaknya mengangkat materi vector yang aplikatif dengan harapan output yang dihasilkan dalam pelatihan ini dapat pasarkan di platform digital yang dapat dijangkau secara global, sehingga memberikan nilai ekonomi terhadap karya seni anak Aceh.

“Output yang dihasilkan juga berupa karya seperti logo, symbol, font, icon, ilustrasi yang bertemakan ke Acehan. Baik itu dari segi bentuk, warna, tema, budaya dan filosofi yang terkandung pada hasil desainnya,” katanya.

“Sehingga, hasil Pelatihan Seni Rupa Melalui Desain Computer kali ini selain memberikan skill kepada peserta juga mengajak peserta untuk mendalami seni rupa dengan tidak meninggalkan ke arifal lokal Aceh kita yang penuh dengan nilai seni itu sendiri,” tambah Nurlaila.[]

Fakhrur
Editor