INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, menggelar Festival Seni Teater Rawat Aceh Tahun 2023.

Kegiatan yang mengusung tema “Bingkai Petuah dalam Sandiwara tersebut digelar mulai 18-19 Juni 2023, di salah satu hotel di Banda Aceh.

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Bidang Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Nurlaila Hamjah, Minggu malam (18/6).

Dalam sambutannya, Nurlaila mengatakan, festival seni teater yang diselenggarakan kali ini merupakan wadah pertunjukan bagi pekerja teater maupun bagi seniman lain. agar terus berkiprah sesuai bidang seni yang digeluti untuk mengembangkan kebudayaan di Aceh.

“Saat ini sudah jarang kita nonton panggung teater, padahal dulunya masyarakat sangat menyukai pertunjukan sejenis yang disebut “sandiwara”,” katanya.

Seni ini, katanya, sempat sangat populer di era 80 an. Seiring perkembangan zaman, katanya, orang-orang semakin mengakrabi gadget sehingga pilihan tontonan yang dijadikan hiburan juga beralih.

Disbudpar Aceh, katanya, terus melakukan pembinaan dan pengembangan seni teater rakyat ini agar semakin banyak para anak muda yang berperan.

“Kita punya harapan seni teater rakyat Aceh dapat tampil gemilang di pentas nasional dan internasional. Sebab di luar negeri pertunjukan teater adalah salah satu tontonan ekslusif dan untuk melihat pertunjukannya mesti beli tiket masuk,” katanya.[]

Fakhrur
Editor