INTIMES.co.id | Semarang –  Aparat Badan Nasional Narkotika (BNN) Jawa Tengah merehabilitasi anggota DPRD Kota Pekalongan berinisial JZ. Seorang wakil rakyat tersebut direhabilitasi di pusat rehabilitasi narkoba Lido, Bogor Jawa Barat. Berdasarkan hasil pemeriksaan medis, JZ sering mengonsumsi sabu dan ganja sejak belasan tahun.

“Anggota DPRD Pekalongan yang kemarin ketangkap kita putuskan direhab. Hasil assesment penyidik bahwa tersangka merupakan pecandu berat. Untuk berapa lama proses rehabilitasi dilakukan, yang tahu dari tim BNNK Batang,” kata Kabid Pemberantasan BNNP Jawa Tengah, Kombes Pol Moch Arief Dimjati, Rabu (22/2).

Sebelumnya, JZ tertangkap basah sedang mengambil sabu yang dipesan di rumah temannya berinsial UBS di Perumahan Tirto Indah, Kecamatan Pekalongan Barat, Minggu (19/2). JZ ditangkap berdasarkan hasil pelacakan melalui Google Maps dari handphone UBS yang berlatar belakang sebagai pensiunan PNS Pemkot Pekalongan.

Sedangkan tahapan pengungkapan, petugas mulai menggunakan pasal sesuai UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

“Jadi kalau pelaku terlibat TPPU pengungkapannya dari hasil pelacakan rekening bank kita bongkar. Bisnisnya susah diprediksi. Dari hasil penjualan narkoba aset-asetnya bermacam-macam. Ada yang dibelikan rumah, tanah, dan tahun 2022 ada tersangka yang pakai bisnis narkoba untuk membuka usaha burung berkicau. Itu kejadiannya di Banyumas,” pungkas Arief.

Sumber : Merdeka.com