INTIMES.co.id | BLANGPIDIE – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak Kamis malam, 2 Maret hingga Jumat pagi 3 Maret 2023, menyebabkan belasan desa di dua kecamatan terendam banjir. Ketinggian air bahkan mencapai selutut pria dewasa.

Data yang dihimpun, akibat banjir ini ratusan rumah di empat kecamatan yakni Kecamatan Manggeng, Lembah Sabil, Setia dan Kecamatan Tangan-Tangan terendam banjir, termasuk rumah sekolah. Selain itu, banjir juga merendam puluhan hektar persawahan warga yang baru ditanam padi.

Banjir luapan sejumlah aliran sungai itu juga menyebabkan transportasi lintas barat selatan Aceh yakni jalan utama Blangpidie ke Aceh Selatan atau sebaliknya tepatnya di Kecamatan Tangan-Tangan sempat macet yang membuat antrian panjang.

Air yang mencapai selutut orang dewasa merendam badan jalan, meski antrian tidak lama karena air kembali turun. Banjir di Kecamatan Tangan-Tangan meliputi Desa Mesjid, Padang Kawa, Suak Labu, Pante Gulumpang, dan Drien Jalo. Sementara banjir di Kecamatan Manggeng meliputi Desa Padang, Lueng Baro.

Sedangkan Kecamatan Lembah Sabil, menimpa Desa Merandeh, Tokoh Dua, Aleu Rambot dan Ladang Tuha Dua. Sementara di Kecamatan Setia hanya di Desa Tangan-Tangan Cut dan Desa Cinta Makmur.

Camat Lembah Sabil Salman mengatakan, banjir yang merendam daerahnya akibat debit air yang terus naik sejak Jumat Malam pasca hujan, namun pagi hari debit air mulai surut.

“Sejak semalam hujan deras, debit air meningkat. Mudah mudahan tidak hujan lagi,” singkatnya.(Syam)