INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Dewan Dakwah Aceh bekerjasama dengan LAZNAS Dewan Dakwah Pusat dan Dewan Dakwah Kabupaten/kota pada Idul Adha 1445 H ini menyembelih sebanyak 109 hewan kurban yang terdiri dari 18 ekor sapi, 2 ekor kerbau dan 89 ekor kambing/domba.

Adapun proses penyembelihannya berlangsung mulai 10 hingga 13 Zulhijjah 1445 H yang bertepatan dengan tanggal 17 – 20 Juni 2024

Panitia Pelaksana, Suwardi dan Hanisullah, Kamis (20/6) mengatakan dari jumlah tersebut sebanyak 84 ekor kambing/domba dan 5 ekor sapi disalurkan di daerah pedalaman dan perbatasan Aceh, yaitu di melalui Dewan Dakwah Kota Subulusalam untuk 10 desa, Dewan Dakwah Kabupaten Aceh Singkil untuk 5 desa dan 1 lapas serta di Masjid Baitur Rahman, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Kemudian sebanyak satu ekor di Masjid Lil Mujahidin Abu Beureueh, Beureunuen serta 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing di Dewan Dakwah Pidie. Juga 8 ekor sapi di Dewan Dakwah Pidie Jaya serta dua ekor Kerbau di Dewan Dakwah Abdya.

“Selanjutnya sebanyak 3 ekor sapi dan 3 ekor domba/kambing di sembelih di Markaz Dewan Dakwah Aceh, Gampong Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar,” kata Hanisullah.

Koordinator Kegiatan, Zukfikar mengatakan, hewan-hewan kurban tersebut berasal dari LAZNAS Dewan Dakwah Pusat, Baitulmal Hidayatullah, para pengurus dan keluarga besar Dewan Dakwah Aceh, Dewan Dakwah Pidie, Dewan Dakwah Pidie Jaya, Dewan Dakwah Kota Subulussalam, Dewan Dakwah Abdya serta juga simpatisan lainnya.

“Alhamdulillah, hewan kurban yang terkumpul tahun ini sebanyak 109 ekor dan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Sebagian besar hewan kurban tersebut kita salurkan ke daerah perbatasan dan pedalaman yang ada di Aceh,” ucap Zulfikar.

Ia menjelaskan tujuan utama dari penyaluran hewan kurban ke daerah pedalaman dan perbatasan Aceh adalah karena daerah tersebut memiliki kondisi ekonomi yang kurang baik dibandingkan daerah perkotaan.

Dimana, kata dia, masyarakat di daerah ini kehidupannya rata-rata berada dibawah garis kemiskinan sehingga tidak memiliki cukup dana untuk membeli hewan kurban.

“Dan ini juga merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Dewan Dakwah terhadap saudara-saudara kita yang hidup dan menatap disana, sehingga mareka pun dapat menikmati daging kurban,” jelasnya.

Sekretaris Dewan Dakwah Aceh ini menambahkan penyembelihan 3 ekor sapi dan 3 ekor Kambing di Markaz Dewan Dakwah Aceh itu dibagikan kepada 270 KK, yaitu untuk masyarakat di 7 gampong yang berada disekitar markas, sahibul kurban, muallaf, pengurus dan juga mitra kerja lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga digelar kanduri makan siang dengan menu kuwah beulangong bersama Keluarga Besar Dewan Dakwah Aceh, masyarakat setempat dan juga para donatur.

“Semoga dengan kegiatan kurban ini dapat mempererat hubungan sosial dan silaturahmi antar warga masyarakat. Juga memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas di kalangan umat Muslim dengan adanya kepedulian terhadap sesama,” pungkasnya.[]

Fakhrur
Editor