INTIMES.co.id | Jakarta – Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hellyana, SH bersama sejumlah anggota dewajln melaksanakan kunjungan kerja ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI untuk mendapatkan jawaban secara langsung terkait pembangunan pelabuhan penyeberangan Tanjung Pakuk – Pulau Seliu, Kamis (14/09).

“Jika terealisasi, pembangunan pelabuhan penyeberangan tanjung pakuk atau teluk gembira – pulau seliu ini tidak hanya akan memudahkan konektivitas dan mobilitas penduduk tetapi juga akan berpengaruh pada perkembangan sektor perekonomian masyarakat bangka belitung secara keseluruhan,” ujar Hellyana.

Untuk merealisasikan pembangunan pelabuhan Tanjung Pakuk/Teluk Gembira – Pulau Seliu ini, pemerintah daerah telah mengambil sejumlah langkah perencanaan yang di mulai oleh Pemkab setempat sejak tahun 2021 lalu.

Khusus Tanjung Pakuk/Teluk Gembira telah dipenuhi dengan sejumlah kelengkapan persyaratan administrasi, pembukaan akses jalan, sertifikasi hibah lahan, pelaksanaan feasfeasibility study (FS) hingga penyempurnaan detail engineering desing (DED).

Selain menemui Deputi Bina Sarana dan Prasarana Bappenas RI, pimpinan DPRD juga menyuarakan perihal rencana pembangunan jembatan penyeberangan yang kondisinya saat ini sudah dalam keadaan cukup memprihatinkan tersebut ke Kementerian Perhubungan melalui direktur ASDP.

Berdasarkan keterangan yang di dapat dari pejabat terkait di direktorat kemenhub, salah satu prasyarat lain nya yang saat ini sedang di intensifkan adalah upaya memasukkan ke dalam rencana induk pelabuhan nasional (RIPN) yang merupakan pedoman dalam penetapan lokasi dan pengembangan pelabuhan.