INTIMES.co.id | MEDAN – Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) Sumut dengan KAMMI Pengurus Wilayah Sumatera Utara menggelar aksi Bersih Sungai di Dusun VI, Rawa Badak, Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (20/8/2023) kemarin.

Kegiatan aksi bersih sungai yang diinisiasi oleh KAMMI PW Sumut ini pun menghasilkan 50 kantong sampah Plastik Besar dari 50 peserta aksi.

Koordinator DDV Sumut Ahmad Luthfi Hasibuan saat mengikuti aksi ini mengatakan bahwa permasalahan terkait lingkungan ini sudah menjadi masalah darurat yang melibatkan banyak pihak.

“Permasalahan lingkungan ini bukan lagi permasalahan para pegiat lingkungan dan pekerja dinas lingkungan saja tetapi ini tentang kita semua,” kata Luthfi.

Lewat aksi bersih sungai ini, kata Luthfi, harapannya masyarakat bisa melihat dan teredukasi. “Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat pun teredukasi untuk menjaga lingkungan dan tidak mencemarinya serta bisa menurunkan angka sampah di negeri kita,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Umum PW KAMMI Sumut Wira Putra, menyampaikan kegiatan ini menjadi satu terobosan baik dalam momentum kemerdekaan.

“Anak-anak muda mengambil momentum kemerdekaan dengan membersihkan sungai yang sangat kotor dan ini merupakan sebuah terobosan dalam mengisi hari kemerdekaan,” sebut dia.

Tidak hanya itu, Wira pun juga menyinggung soal mewarisi jiwa kepahlawanan saat menggelar aksi itu.

“Para pahlawan sudah berjuang dengan seluruh tumpah darah maka tugas kita menjaga kelestariannya. Semoga kegiatan baik ini terus berlanjut,” pungkasnya.[]