INTIMES.co.id | BLANGPIDIE – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), H Darmansah S.Pd MM memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Aceh Barat Daya ke 21 dihalaman Kantor Bupati setempat, Senin (10/4/2023).

Pj bupati Darmansah menyampaikan, atas nama jajaran pemerintah kabupaten dan pribadi mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-21 Tahun Kabupaten Aceh Barat Daya, semoga dengan memasuki usia 21 tahun ini, Abdya semakin menjadi Kabupaten yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

Dalam amanatnya, Pj bupati Darmansah mengajak masyarakat menggunakan momen bertambah usianya Abdya ini untuk melakukan evaluasi atas apa yang telah dilakukan pada masa lalu, saat ini serta masa yang akan datang.
“Mari kita kembalikan Abdya menjadi Kota Dagang dan Abdya Penghasil utama Beras Sigupai,” kata Pj bupati Darmansah.

Untuk diketahui, sejak berdiri Abdya mengandalkan sektor pertanian dan perdagangan untuk kelangsungan perekonomiannya. Hal ini ditunjang dengan posisinya yang sangat strategis di jalur dagang kawasan Barat Selatan Aceh, khususnya kota Blangpidie yang sejak dulu menjadi pusat perdagangan di pantai Barat Selatan Aceh.
Darmansah dalam kesempatan itu turut mengenang perjalan Abdya hingga menjadi sebuah kabupaten sejak gagasan pertama yang lahir pada pada awal tahun 1960-an dan merupakan rentetan perjalanan panjang, karena penuh dengan romantika dan dinamika sejarah.

“Sebanyak empat generasi kepanitiaan silih berganti selama lebih kurang 42 tahun perjuangan tersebut,” ucap Pj Bupati H Darmansah.

Lanjutnya, kegigihan serta keikhlasan panitia yang bekerja dari perjuangan panjang serta keinginan untuk mandiripun akhirnya menuaikan hasil. Buah manis dari perjuangan serta keinginan untuk mandiripun terwujud melalui sepucuk surat dengan Nomor 4 tahun 2002 tentang Undang-Undang Pemekaran Abdya.

“21 silam tepat pada 10 April 2002 merupakan tanggal bersejarah bagi ‘Bumo Breh Sigupai’ ini. Sebuah daerah yang dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Aceh Selatan kini telah menjelma menjadi sebuah kabupaten dengan berbagai potensi yang kita miliki,” ungkap H Darmansah.

Menurutnya, perjuangan para pendiri Abdya cukup memakan waktu yang begitu panjang dan tidak sedikit tenaga serta pikiran yang terkuras, sehingga tidak ada nilai dan penghargaan dalam bentuk apapun yang cukup pantas disematkan pada tokoh- tokoh pendiri kabupaten ini.

“Oleh karenanya kami ingin menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada para Sesepuh dan Tokoh-Tokoh Pendiri Abdya,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati H Darmansah juga mengucapkan terimakasih serta penghargaan yang tak terhingga kepada Pj Bupati yang menjabat di awal-awal berdirinya kabupaten ini.

Dirinya yakin perjuangan Bapak-Bapak sebelum dirinya juga tidaklah mudah dalam memimpin serta mengelola sebuah kabupaten baru yang masih sangat-sangat serba kekurangan. Meski demikian, dirinya sangat bersyukur, bahwa dalam usianya yang ke 21 tahun ini, Kabupaten Abdya telah mulai diperhitungkan.

“Abdya terus diperhitungkan atas pencapaian demi pencapaian signifikan yang diperoleh dan mendapat tempat sejajar dalam beberapa hal dengan kabupaten lainnya yang telah lebih dulu berdiri,” sebutnya.

“Ini menjadi momentum yang sangat penting bagi kita untuk kembali introspeksi diri serta perencanaan kedepan yang semakin baik,” timpalnya.

Dengan tema ‘Semangat Kebersamaan’ lanjut Pj, hendaknya menginspirasi semua pihak untuk terus menyamakan persepsi serta menyatukan langkah bersama-sama memaknai dan mengukir sejarah kelahiran, guna meraih kemajuan serta kemandirian dalam segala aspek.

Tambahnya, selaku Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya, tentunya dirinya sangat berharap kerjasama dengan seluruh komponen masyarakat, untuk selalu mendukung serta membantu Pemerintah dalam melaksanakan program-program pembangunan yang sudah, sedang dan yang akan berjalan.

“Serta menuntaskannya hingga terwujud Kabupaten Aceh Barat Daya yang senantiasa dalam keadaan aman, damai, maju serta sejahtera sebagaimana yang kita cita-citakan bersama,” harap Pj Bupati H Darmansah.

21 Tahun berdiri, berikut nama – nama yang pernah memimpin Kabupaten Abdya :

1. Baharuddin, S.Sos., M.M., selaku Pj Bupati pertama yang menjabat dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2003.

2. Drs. H. M. Nasir Hasan, Pj Bupati yang menjabat dari tahun 2003 sampai dengan 2004 (beliau meninggal dunia dalam Tsunami 26 Desember 2004, Alfatihah untuk beliau).

3. Drs. H. Tgk. Teuku Burhanuddin Sampe, M.M., M.Si, yang menjabat Pj Bupati dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2006.

4. Drs. H. Azwar Umri, yang menjabat Pj Bupati dari tahun 2006 sampai dengan tahun 2007.

5. Akmal Ibrahim, SH, dan Drs. H. Syamsurizal, M.Si., sebagai Bupati Definitif Pertama Masa Periode Tahun 2007 sampai dengan Tahun 2012.

6. Azhari Hasan, S.E, menjabat sebagai Pj Bupati selama 6 (enam) bulan pada tahun 2012.

7. Ir. Jufri Hasanuddin, MM, dan Yusrizal Razali Periode Tahun 2012 sampai dengan TAhun 2014 dan dilanjutkan Erwanto, SE, MA., pada Tahun 2014 sampai dengan Tahun 2017.

8. Akmal Ibrahim, SH dan Muslizar, MT Periode Tahun 2017 sampai dengan Tahun 2022.

9. H. Darmansah, S.Pd., MM., Pj Bupati Abdya mulai tanggal 15 Agustus sampai dengan saat ini.