INTIMES.co.id – Menganalisis merupakan proses memeriksa, memahami, dan mengevaluasi informasi, data, atau situasi secara sistematis untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam atau membuat keputusan yang informatif.

Secara garis besar analisis melibatkan penguraian informasi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, memahami hubungan antarbagian, dan menarik kesimpulan atau membuat prediksi berdasarkan pemahaman tersebut.

Sedangkan menganalisis kesalahan berbahasa adalah proses memeriksa dan memahami kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam penulisan atau pembicaraan seseorang dalam suatu bahasa.

Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan tata bahasa, ejaan, struktur kalimat, atau penggunaan kata yang tidak sesuai, sehingga dapat memperbaiki komunikasi dan memperbaiki kemampuan berbahasa seseorang. Supaya menjadi jendela bagi semua pembaca, dan integritas bahasa untuk membentuk pandangan dan pemahaman kita.

Melalui penyajian artikel ini, penis membuka halaman analisis tentang kesalahan berbahasa dalam media cetak semisalnya terjadi dalam penyajian redaksi koran,.

Aspek – aspek yang seringkali terabaikan namun memiliki dampak yang signifikan dalam penulisan ialah tidam menjaga kualitas bahasa melalui artikem ini, kita tidak hanya mencari tahu apa yang salah, tetapi juga mencari pemahaman mendalam tentang mengapa kesalahan tersebutsering terjadi.

Sementara media sangat berpengaruh terhadap pembentukan opini publik dengan konsekuensi media – media pun mesti memaksimalkan redaksi bahasa yang ideal agar dapat dipahamai pembaca.

Penekanan terpenting dalam artikel ini yakni analisis kesalahan berbahasa di media agar dapat mengidentifikasi kata perkata yang salah atau tidak sesuai berdasarkan aturan bahasa EYD.

Semisalnya kata “kloter” pada potongan koran tertentu sering menggunakan kata “kloter” disalahkan karena menurut kbbi, penggunaan kata yang benar adalah “keloter”.

Pada umumnya seorang jurnalis harus menguasai bahasa indonesia yang baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan berbahasa pada tulisan atau karya mereka.

Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca dalam menentukan atau memilih kata baik dalam penulisan maupun pengucapan.

Oleh : Cut Nalira AgwiliaMahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB), Fakultas Perikanan, Pertanian, dan Biologi, Jurusan Perikanan Tangkap