INTIMES.co.id – Fitur sticker WhatsApp (WA) cukup populer digunakan ketika melakukan obrolan. Fitur Sticker dalam aplikasi chat WA berguna sebagai ungkapan terhadap sesuatu tanpa harus menggunakan kata-kata. Terkadang, dengan menggunakan sticker, bentuk ungkapan yang ingin disampaikan terlihat jadi lebih jelas.

Sticker WA memiliki beragam jenis ekspresi yang bisa digunakan oleh pengguna, mulai dari ekspresi lucu, marah, sedih, kecewa dan lain sebagainya. Selain itu, sticker WA bukan hanya tampil dalam bentuk gambar saja, tapi juga berbentuk sticker WA bergerak atau yang disebut sebagai GIF. Sticker WA bergerak bentuknya lebih bervariasi dan biasanya menampilkan aksi seperti berjoget, kaget, terjatuh, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan sticker WA bergerak yang unik dan lucu, pengguna bisa mengunduhnya secara gratis di aplikasi atau minta kepada teman. Selain itu, pengguna juga bisa mengunduh sticker WA bergerak lewat aplikasi pihak ketiga. Biasanya pihak ketiga menyediakan beragam sticker dengan berbagai tema, ekspresi dan genre sesuai dengan keinginan.

Uniknya, sticker WA ternyata bisa juga dibuat sendiri oleh pengguna. Jadi, Anda bisa membuat dan berkreasi dalam membuat sticker sesuai selera. Terdapat dua jenis cara yang bisa dilakukan untuk membuat sticker WA bergerak. Cara buat Sticker WA bergerak yang pertama adalah menggunakan aplikasi. Kemudian yang kedua adalah dengan cara tanpa menggunakan aplikasi. Cara untuk membuatnya pun sangat mudah sekali. Buat Anda yang penasaran, simak penjelasannya melalui artikel berikut.

Cara Membuat Sticker WA Bergerak tanpa Aplikasi
Untuk Anda yang ingin membuat sticker WA bergerak tanpa aplikasi, Anda bisa memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh aplikasi resmi.

Dengan menggunakan fitur bawaan WA, maka Anda tak perlu repot membuat sticker WA bergerak dengan aplikasi tambahan. Lalu, bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

– Pertama, Anda harus buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda terlebih dahulu

– Lalu buka fitur emoji yang ada di keyboard aplikasi WhatsApp

– Selanjutnya klik ikon stiker yang ada di bawah paling kanan (ikon bergambar kertas terlipat di ujung)

– Kemudian tekan tanda “+”, di situ Anda bisa memilih stiker bergerak yang ingin diunduh

– Terakhir, unduh stiker yang sudah dipilih dan sticker WA bergerak sudah bisa digunakan ketika chatting bersama orang lain

Cara Membuat Sticker WA Bergerak dengan Aplikasi
Meski pihak WA menyediakan fitur membuat sticker bergerak tanpa harus download aplikasi, tapi variasi sticker masih terbatas.

Agar bisa membuat sticker WA bergerak yang menarik dan sesuai keinginan, maka diperlukan aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Langkah pertama, Anda harus buka Google Play Store terlebih dulu

– Kemudian unduh dan install aplikasi iSticker

– Lalu Anda harus mengunjungi laman ezgif.com di browser

– Selanjutnya klik menu GIF Resizer

– Cari file, gambar atau video di galeri yang ingin Anda jadikan sebagai sticker WA bergerak

– Kemudian jangan lupa untuk resize ukuran file menjadi 512 (width dan height-nya)

– Jika sudah, Anda diharuskan untuk mengunduh unduh file tersebut

– Lalu kembali lagi untuk membuka aplikasi iSticker yang telah diunduh

– Potong gambar yang sudah Anda unduh lalu simpan

– Buka file manager di handphone, selanjutnya jelajahi folder iSticker, lalu copy dan rename gambarnya

– Tempel gambar yang telah di copy ke folder iSticker

– Terakhir, buka lagi aplikasi iSticker dan pilih Add to WhatsApp

– Sticker WA bergerak kreasi Anda sudah siap untuk digunakan (sumber:Tempo.co)