INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Azhari mengatakan untuk Aceh diberikan kuota haji sebanyak 4378 orang dan yang diberangkatkan sebanyak 4343 orang. Untuk jamaah lansia (65-100) sebanyak 1520 orang.

“Jamaah tertua atas nama Muhammad Taher Abdussalam (100) berasal dari Kabupaten Gayo Lues, dan termuda bernama Abizar Al Aqsha (18) asal Bireun,” kata Azhari, Senin (22/5).

Kedua jamaah tersebut akan bergabung pada kloter kloter 06 yang akan diberangkatkan pada 29 Mei 2023.

Azhari menyebutkan, untuk penerimaan kloter pertama jamaah haji akan dilaksanakan besok (23/5) sekitar pukul 08.00 di Asrama Haji Embarkasi.

Kloter pertama jamaah dari Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Pidie Jaya.

“Jamaah dan panitia kloter 1 berjumlah 393 orang,” ucapnya.

Ia juga menyebutkan para jamaah akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan di Asrama Haji Embarkasi seperti pemeriksaan kesehatan, pengesahan paspor, pembagian living kost, penyerahan gelang identitas, dan kartu Baitul Asyi.

“Alhamdulillah, jamaah Aceh akan ditempatkan di hotel Alkiswah Jarwah sektor 7 daerah kerja Mekkah yang terbilang dekat dengan Masjidil Haram,” ucap Azhari.

Dari hotel Alkiswah Jarwah jamaah haji berjalan kaki ke Masjidil Haram selama 25 menit dengan jarak 1,9 kilometer atau menggunakan Bus Shalawat yang disediakan PPIH Arab Saudi.[]

Fakhrur
Editor