INTIMES.co.id – Belajar merupakan pakan suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh pengetahuan. Pada dasarnya belajar dapat dilakukan dimana saja melalui perantara maupun media manapun. Salah satu kinci dalam belajar ialah minat seseroarang untuk mememahami dan mengenal sesuatu. Untuk mempelajrai sesuatu tidak harus serta-merta dengan mengahafal segala materi. Namun, yan paling penting adalah bagaimana seseorang dalam memahami sesuatu melalu minatnya. Minat tersebut dapat dipancing memlalui berbaga meda atau cara.

Pada pemahasan kali ini, kita akan berfokus pada salah media yang bisa dibilang cukup menarik untuk meningkatkan minat belajar seseorang yaitu komik atau web komik. Komik sendiri adalah salah satu jenis karya literasi dalam bentuk cerita bergambar. Sedangkan webkomik merupakan sebuah komik yang disajikan di suatu website dalam jaringan internet.

Di Indonesia sendiri sudah banyak komik yang sudah diperjual belikan dan tak banyak juga komik asli Indonesia yang dikerjakan oleh anak Indosesia sehingga unsur yang melekat di Indonesia juga ikut dapat tersampaikan.

Salah satu media atau aplikasi penyedia komik yang mudah diakses melalui smartphone adalah webtoon. Dalam web ini terdapat banyak banyak pilihan komik yang dibuat oleh author dari berbagai negara termasuk dari Indonesia. Ada beberapa komik yang ada di webtoon yang dapat menjadi rekomendasi untuk dapat lebih mengenal budaya dan cerita legenda yang ada di Indonesia di antaranya :

1. Mantradeva

Komik yang di karang oleh Agung Bollo dan Gusti Kudit mengambil tema budaya dan dan cerita rakyat yang ada di bali. Menceritakan tentang petualangan suatu kelompok disebuah dunia yang bernama mandala untuk menuntaskan takdir yang telah ditentukan. Selain ceritanya, saat membaca komik ini di web toon aka nada beberapa chapter yang diberikan soundtrack yang akan menambah pengalaman dalam membaca.

2. Nusantara Droid War

Nusantara Droid War atau biasa di singkat NDW dikarang oleh Vega mandalika mengambil tema aksi dan petualangan. Pada komik memberikan cerita yang membuat pembaca mengngat serial bakugan yang dulu pernah tampil di TV namun “bakugan” pada komik ini digantikan dengan tokoh dan karakter dari cerita rakyat yang ada di Indonesia.
Sekian pembahasan untuk kesempatan kali ini semoga dapat memberikan manfaat kepada pembaca, terima kasih.

  • Tulisan ini adalah kiriman dari pembaca, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi!

Jika anda mempunyai tulisan berupa  Opini, Esai, Puisi, dan Cerpen silahkan kirim tulisan anda Kirimkan tulisan: https://intimes.co.id/kirim-tulisan/ atau melalui Email : redaksi@intimes.co.id. Setiap tulisan tentu akan melalui proses kurasi yang ketat, dan redaksi berhak menyunting dan melakukan penyesuaian lain seperlunya tanpa mengubah esensi isi dan pesan yang hendak disampaikan