INTIMES.co.id | MEDAN – Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) kelompok 101 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) melaksanakan kegiatan penyuluhan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Desa Pematang Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Deli Serdang, Minggu (6/8).

Kaurmintu Satresnarkoba Polres Pelabuhan Belawan, Ipda Muhammad Hafiz, menjelaskan dampak negatif dari narkoba itu. Dimana awal mulanya diberikan secara gratis dengan iming-iming pengguna merasakan efek positif dari barang haram tersebut.

“Namun, dampaknya membuat pengguna menjadi kecanduan dan berpotensi menimbulkan tindakan kriminal. Oleh karena itu, Polres Pelabuhan Belawan siap melayani dan bekerja sama dengan masyarakat untuk memberantas kasus narkoba,” kata Muhammad Hafiz.

Disisi lain, Satuan Petugas Gerakan Indonesia Anti Narkotika Sumatera Utara, Irnaldi menyebut, bahwa pentingnya generasi yang bermanfaat dan memberikan saran agar terbebas dari narkoba, yaitu menghindari lingkungan yang memakai narkoba, melakukan hal-hal positif yang membangun diri, serta selalu mendekatkan diri kepada Allah/Tuhan Yang Maha Esa.

“Bangsa yang berkembang adalah bangsa yang memiliki generasi yang bermanfaat untuk negeri dan bangsa, untuk itu jauhi narkoba,” ujar Irnaldi.

Kegiatan penyuluhan ini pertama kali diadakan di Desa Pematang Johar dan mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Desa, Sudarman. Dalam kesempatan itu, Sudarman berkomitmen untuk membentuk tim pencegahan anti narkoba di setiap Dusun.

Selain itu, Kepala Dusun VI Pematang Johar, Muhammad Syafril, juga turut merasa gembira dan memberikan dukungan untuk kegiatan penyuluhan ini sebagai langkah awal pencegahan penyalahgunaan narkoba di wilayahnya.

Rencananya, kegiatan penyuluhan akan terus berlanjut di masa depan agar kesadaran masyarakat terhadap bahaya narkoba semakin meningkat sehingga dapat meningkatkan produktivitas mereka.

Kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat dan pemuda Desa Pematang Johar serta beberapa organisasi masyarakat lainnya. Harapannya, inisiatif positif dari mahasiswa KKN UINSU ini akan menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam upaya bersama melawan peredaran narkoba di tanah air.[]

Fakhrur
Editor