INTIMES.co.id | BLANGPIDIE – Pemilihan Agam Inong Aceh Barat Daya (Abdya) telah usai di laksanakan, Agam Alvin dan Inong Raisya menjadi juara dalam event tahunan tersebut.

Rangkaian pemilihan Agam Inong Abdya 2023 berawal dengan pembukaan pendaftaran bagi seluruh pemuda/pemudi Abdya di mulai dari tanggal 19 juni – 12 juli 2023 lalu.

Dari sekian banyak pemuda/pemudi yang antusias mendaftar,dan dari seleksi tahap awal yang ketat, terpilihlah Top 5 pasang Finalis Agam Inong,dengan masing-masing 5 orang Agam dan 5 orang Inong dari berbagai Kecamatan di Abdya.

Seleksi Pemilihan Agam Inong Duta Wisata Abdya di mulai dengan Technical Meeting bersama Panitia yaitu pada Tanggal 21 Juli Lalu.

Kemudian di lanjutkan dengan Pembekalan Materi mengenai Kepariwisataan, Personal Branding,Public Speaking,dan Leadership selama 2 hari yaitu pada tanggal 23 dan 24 Juli lalu.

Dimana masing-masing bidang tersebut di isi oleh pemateri yang handal, seperti Dosi Elfian (Founder Dosielfian Smart Speaking) sebagai Pemateri Public Speaking, Amalia Ahwa (Inong Provinsi Aceh 2022) Pemateri Kepariwisataan, Niva Adillah (Inong Banda Aceh 2022) Pemateri Personal Branding, Dan Muhajiburrahman (Owner Kopi Dara) Pemateri Leadership. Pembekalan tersebut di laksanakan Via Zoom Meeting.

Pada Esok harinya 25 Juli 2023 para panitia melakukan pengukuran tinggi badan terhadap 10 orang finalis yang di lakukan di dua tempat, yakni Lapangan Persada Abdya dan Kopi Darat Banda Aceh.

Tahapan seleksi berlanjut dengan tes tulis dan Presentasi yang di laksanakan via zoom dan melalui Web Kahoot.it, pada 28 Juli 2023. Besoknya digelar tahapan seleksi wawancara finalis dengan beberapa dewan juri secara online dan offline.

Para finalis diwawancarai lima bidang yakni kebudayaan, pariwisata, agama, bahasa, dan kepribadian. Para dewan juga merupakan alumni Duta Wisata Abdya yang sudah berpengalaman dan mahir dalam bidangnya masing-masing.

Setelah melewati rangkaian seleksi dan pantauan berbagai aspek daripada dewan juri dan panitia, pada 30 Juli di umumkan pemenang Agam Inong Duta Wisata Abdya 2023 Via Live Instagram akun AgamInongAbdya,Dengan Hasil, Juara 1 Agam Inong Abdya 2023 di raih oleh Agam Zuhari Alvinda Haris (19 Tahun) Asal Kecamatan Lembah Sabil, dan Inong Raisya Almadea Irham ( 20 Tahun) Asal Kecamatan Blangpidie.

Kemudian juara 2 (Wakil 1) masing-masing di raih oleh Agam Ahmad Ghifari Muslim dari Kecamatan Blangpidie dan Inong Nurul Marviza dari Kecamatan Susoh. Juara 3 (Wakil 2) di raih Oleh Agam Redi Afrijal dari Manggeng dan Inong Yulia Asrilya dari Kecamatan Blangpidie.

Juara 4 ( Wakil 3 ) di raih oleh Agam Masrahul Fakhri dari Blangpidie dan Inong Nadia Asal Kecamatan Susoh. dan Juara 5 (Wakil 4) di dapatkan oleh Agam Usman dari Kecamatan Babahrot dan Inong Riska Hilma dari Lembah Sabil.

Kegiatan pemilihan Duta Wisata Abdya Tahun 2023 ini seluruhnya dilakukan secara online karena minimnya dana untuk duta wisata itu sendiri. Akan tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi panitia dan dewan juri dalam menilai dan menyeleksi putra putri terbaik Abdya yang akan membawa nama Kabupaten Breuh sigupai Ini ke tingkat Provinsi pada bulan September nanti.

Diharap kepada pemenang agar mampu memberikan yang terbaik untuk Abdya di tingkat Provinsi dan untuk Masyarakat dan Pemerintah kami Mohon Doa dan Supportnya agar Pariwisata Abdya kedepannya lebih maju melalui Duta Wisata.[]

Fakhrur
Editor