INTIMES.co.id – AKHIRI penantian medali emas selama 32 tahun, Indra Sjafri berhasil menjadi pelatih ketiga yang bawa Timnas Indonesia juara SEA Games. Ya, akhirnya penantian panjang pencinta sepakbola Tanah Air pun berakhir karena Timnas Indonesia U-22 berhasil menjuarai sepakbola SEA Games 2023.

Kepastian medali emas itu diraih pasukan Indra Sjafri usai menang 5-2 atas Thailand di final yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja pada Selasa (16/5/2023) malam WIB. Dua gol kemenangan Garuda Muda dipersembahkan oleh brace dari Ramadhan Sananta pada menit 21, 45+3, lalu Irfan Jauhari menit 91, dan Fajar Fathur di menit 107.

Kemenangan atas Thailand U-22 itu jelas amat berarti untuk Indonesia. Sebab itu adalah medali emas cabor sepakbola SEA Games pertama Indonesia sejak terakhir kali diraih pada 1991.

Jadi, butuh waktu 32 tahun bagi Timnas Indonesia untuk bisa membawa pulang lagi medali emas ke Tanah Air. Padahal sejak 1991, sempat tiga kali tampil di final.

Momen tersebut terjadi di final SEA Games 2011, 2013, dan 2019. Sayangnya dalam tiga edisi tersebut skuad Garuda Muda selalu kalah dan harus puas menjadi runner-up.

Kini Timnas Indonesia U-22 yang dipercayakan kepada Indra Sjafri akhirnya bisa mengakhiri tren buruk skuad Garuda di sepakbola SEA Games. Indra pun menjadi pelatih ketiga yang berhasil membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games.

Pelatih pertama yang sukses membawa Timnas Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games adalah Bertje Matulapelwa. Bartje melatih Timnas Indonesia sejak 1985. Pada saat itu, ia mampu memimpin Timnas Indonesia dengan baik hingga membuat Garuda Muda mencapai semifinal Asian Games 1986.

Puncaknya adalah ketika Bartje memimpin Timnas Indonesia di SEA Games 1987 di Filipina. Pada saat itu, Timnas Indonesia yang masih diperkuat Ricky Yakob mampu merebut medali emas pertama SEA Games untuk Indonesia.

Lalu pelatih kedua yang mempersembahkan medali emas kedua untuk Timnas Indonesia adalah Anatoli Polosin. Setelah tak ditangani Bertje, Timnas Indonesia masih mampu merebut medali emas SEA Games edisi 1991. Hal itu tak terlepas dari kehebatan Polosin dalam meracik skuad Garuda.

Timnas Indonesia U-22 vs Thailand U-22 (Reuters)

Kini, Indra Sjafri berhasil menyamai kesuksesan Bertje Matulapelwa dan Anatoli Polosin. Tentunya Indra akan terus dikenang sebagai pelatih sukses yang berhasil membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas SEA Games 2023.

Sumber : Okezone.com