INTIMES.co.id | SIGLI – Sebanyak 538 mahasiswa Universitas Syiah Kuala  yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode XXIII dan Kolaborasi tahun 2023 melaksanakan kegiatan KKN pada tiga kecamatan di Kabupaten Pidie.
Kehadiran Mahasiswa KKN ini disambut baik oleh Pemkab Pidie. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Pemkab Pidie H. Idhami, S.sos, M.Si saat menerima mahasiswa KKN tersebut di Kantor Pemkab Pidie, Jumat (26/5) kemarin.
“Kami sangat bergembira dengan kehadiran para mahasiswa KKN, dengan harapan nantinya dari program yang dilaksanakan perguruan tinggi melalui KKN dapat membantu meningkatan wawasan, pengetahuan, dan kesejahteraan masayrakat Kabupaten Pidie,” ucapnya.
Sekda Pidie ini juga menilai, KKN merupakan program yang sangat baik untuk mendukung pembangunan suatu daerah seperti Kabupaten Pidie. Namun dirinya mengingatkan, agar mahasiswa KKN ini tetap mengedapankan aspek agama dan moralitas dalam menjalankan program KKN khsususnya di Kabupaten Pidie.
Mengingat Pide dikenal dengan daerah “Pang Ulee Buet Ibadat, Pang Ulee Hareukat Meugoe’. Kabupaten ini  memiliki 730 gampong yang tersebar di 23 kecamatan dari tepi Selat Malaka sampai dengan kaki pengunungan Bukit Barisan.
“Yang merupakan daerah dengan berbagai potensi alam, serta memiliki kehidupan sosial masyarakat yang berpegang teguh pada norma-norma adat dan islam,” ucapnya.
Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan USK Profesor Marwan, menyampaikan terima kasih atas kesediaan Pemkab Pidie yang telah menerima para mahasiswa KKN ini untuk mengaktualisasikan ilmunya di kabupaten Pidie.
Kepada mahasiswa KKN, Marwan berpesan agar mereka bisa menjaga sikap dan prilakunya selama berada di tengah-tengah masyarakat. Mengingat salah satu tujuan KKN ini adalah memberikan bekal komptensi tambahan bagi mahasiswa yaitu kemampuan untuk berbaur atau berinteraksi dengan masyarakat.
Marwan mengakui, kompetensi seperti ini tidaklah mudah. Karena hanya dapat diperoleh dengan terjun langsung di masyarakat.
“Pengalaman ini akan menjadi bekal bagi kalian setelah menyelesaikan studi KKN ini. Karena itu mohon perhatikan dengan baik untuk menjaga prilaku, akhlak dan membaurlah dengan masyarakat,” pesannya
Mahasiswa KKN ini tersebar pada tiga kecamatan di Pidie yaitu 208 mahasiswa di Kecamatan Mutiara Timur yang terdiri dari 35 desa, 206 mahasiswa di Kecamatan Glumpang Tiga yang terdiri dari 34 desa dan 124 mahasiswa di Kecamatan  Glumpang Baroe yang terdiri  dari 21 desa.
Pada periode kali ini jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN sebanyak 2.710 mahasiswa. Serta melibatkan tiga kampus dalam KKN Kolaborasi yaitu Universitas Teuku Umar, Universitas Samudra dan Universitas Islam Negeri Ar Raniry. Peserta KKN tersebut tersebar pada tiga kabupaten yaitu Pidie Jaya, Pidie dan Aceh Besar.[]
Fakhrur
Editor