INTIMES.co.id | MADINAH – Jemaah Haji Embarkasi Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-01 telah tiba di Madinah, Rabu (24/5).

Menurut laporan yang diterima Ketua Panitia Penyelenggara Ibadab Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, pesawat Garuda Indonesia yang membawa jemaah kloter 01-BTJ sudah tiba di bandar udara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (MED) Madinah jam 11.29 waktu setempat.

Selanjutnya, kata Azhari, para jemaah langsung diberangkatkan ke pemondokan yang terletak di sekitar Mesjid Nabawi usai pemeriksaan imigrasi Arab Saudi.

Selama di Madinah, jemaah akan melaksanakan salat arbain. Arbain adalah melaksanakan salat fardu sebanyak 40 kali di Masjid Nabawi Madinah, secara berjamaah berturut-turut tanpa terputus. Arbain biasanya dimulai pada waktu salat pertama sejak kedatangan dari bandara MED Madinah ke pemondokan.

Selain melaksanakan arbain, jemaah haji juga melakukan beberapa kegiatan lain seperti melakukan ziarah ke makam Rasullulah saw dan tempat-tempat bersejarah yang ada di kota Madinah, seperti Masjid Kuba, Jabal Uhud, Raudhah, Maqbarah Baqi (Pemakaman Baqi), Masjid Qiblatain dan lain-lain.

Jemaah haji kloter 01-BTJ seluruhnya berjumlah 393 orang, berasal dari Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Besar dan Kota Banda Aceh. Mereka diberangkatkan dengan pesawat 777-300ER miilik maskapai Garuda Indonesia pada Rabu (24 Mei) jam 07.34 Waktu Indonesia Barat dari bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ).[]

Fakhrur
Editor