INTIMES.co.id | BANDA ACEH – Sebanyak 392 Jemaah haji Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) BTJ-05 embarkasi Aceh, telah diberangkatkan menuju Arab Saudi, Minggu (28/5) melalui bandara Sultan Iskandar Muda (BTJ).

Menurut Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, pesawat penumpang Boeing 777-300ER milik Garuda Indonesia didorong mundur ke taxiway jam 06.08 WIB untuk lepas landas ke bandara internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED), Madinah.

Kloter BTJ-05 terdiri dari 154 jemaah laki-laki dan 238 jemaah perempuan. Masing-masing dari Kabupaten Aceh Tenggara sebanyak 102 jemaah, dari Bener Meriah 128 jemaah, Aceh Tengah 154 jemaah dan 1 jemaah dari Pidie. Mereka juga didamping lima petugas kloter dan tiga Pemandu Haji Daerah.

Sementara itu, dua jemaah tidak diberangkatkan oleh PPIH Embarkasi Aceh bersama kloter 5 karena sakit dan permasalahan di visa.

“Ada satu jemaah dari Aceh Tengah yang tidak diberangkatkan bersama kloter 5, karena sakit dan masih dirawat di Rumah Sakit Datu Beru, Takengon. Beliau belum masuk ke asrama haji,” kata Azhari.

“Satu lagi jemaah dari Bener Meriah, ditunda karena ada permasalahan di visa. Nanti akan diberangkatkan dengan kloter selanjutnya,” ujar Azhari.

Selain itu, ada satu jemaah yang dimutasikan dari kloter 4 ke kloter 5, yaitu Aiyub Jalil dari Pidie. Aiyub merupakan jemaah yang ditunda berangkat bersama kloter 4, Sabtu (27/5) kemarin.[]

Fakhrur
Editor