INTIMES.co.id | BLANGPIDIE – Sebanyak 21 orang imigran rohingya mendarat di Gampong Padang Kawa, Kecamatan Tangan-tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (13/3/2023) sekitar pukul 06.00 WIB.

Menurut informasi awal yang diperoleh dari group Tagana bahwa hasil komunikasi petugas Tagana dengan salah satu warga rohingya yang bisa berbahasa indonesia sebenarnya rohingya berjumlah 48.

Namun yang mendarat di Abdya hanya 21 orang sehingga 27 orang lagi tidak diketahui keberadaan mereka ditengah laut.

Keuchik Gampong Padang Kawa, Tarmizi membenarkan bahwa di desanya ada imigran yang terdampar. Bahkan, kata dia, pasca kedatangan rohingya masyarakat berbondong-bondong melihat langsung warga rohingya tersebut.

“Ia benar, tadi pagi sekitar puku 06.00 WIB mereka imigran rohingya ini sudah mendarat di desa kami,” ungkapnya.

Dikatakannya, dirinya tidak mengetahui kapan pengungsi rohingya itu mendarat di Padang Kawa. Namun, tiba-tiba mereka sudah ada di perkampungan warga.

“Tidak tahu kapan, jalur mana dan berapa hari mereka sudah di sini, tiba-tiba saja mereka sudah berada di perkampungan,” ujarnya.

Tarmizi menjelaskan, sebanyak 21 orang warga yang terdampar itu di ketahui oleh warga saat hendak pergi melaut.

“Jadi, setelah mengetahui adanya warga rohingya terdampar nelayan tadi memberitahu kepada saya. Dan untuk saat ini mereka masih dirumah tuha peut, dan kejadian itu sudah saya laporkan ke pihak kecamatan,”¬†katanya.