INTIMES.co.id | BLANGPIDIE – Bendungan Irigasi Krueng Susoh di Desa Babahlung, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dipadati pegunjung, Rabu, 22 Maret 2023 sejak jelang siang hingga sore hari.

Kedatangan warga baik dari luar maupun dari Kabupaten Abdya ke lokasi wisata ini adalah dalam rangka melaksanakan tradisi rabu habeh (hari rabu terakhir) jelang memasuki suci Ramadan 1444 H atau sering disebut murumok (makan-makan).

Banyak warga mengaku memilih lokasi wisata sungai irigasi bendungan Susoh karena pemandangan lereng gunung yang indah, aliran air sungai yang jernih dan sejuk serta jarak tempuh yang dekat dan mudah dijangkau.

Diketahui, dari pusat kota Blangpidie ibu kota Kabupaten Aceh Barat Daya menuju lokasi ini hanya membutuhkan waktu sekira kurang dari 10 menit. Pegunjung bisa menggunakan sepeda motor, mobil dan kendaraan roda tiga atau becak.

Pegunjung tidak harus mengeluarkan uang lebih jika memilih lokasi ini untuk berlibur sebab, kendaraan pegunjung dipastikan aman walau tidak ada pungutan uang parkir. Jika ingin merasakan sejuk aliran sungai disarankan membawa baju bersalin sendiri sebab tidak disediakan tempat ganti baju jika ingin mandi.

Kantin-kantin yang menjual beragam makanan enak, baik jus, mie goreng dan beragam makanan lainnya hanya dapat ditemukan di dalam perkampungan warga, sementara di lokasi wisata tidak ada kantin.

Seperti keluarga asal Kabupaten Aceh Barat bernama Muzakir AB. Dia bersama rombongan datang ke lokasi wisata ini sudah mempersiapkan beragam keperluan, seperti pakaian untuk mandi, makanan, minuman termasuk pakaian bersih untuk salat.

“Saya asli Abdya tepatnya di Susoh, tapi menikah di Aceh Barat. Hari ini kedua keluarga saya makan-makan disini,” kata Muzakir.

Dia mengaku memilih lokasi wisata ini karena ingin menikmati sensasi wisata pegunungan dan mandi di air jernih dan sejuk. Katanya, sejak dulu dirinya sangat sering menghabiskan hari-hari seperti saat ini dengan keluarga dilokasi wisata sungai.

“Selain tempatnya yang indah, jarak tempuh yang dekat dan mudah, tentu karena lokasi wisata ini murah. Disini tidak ada biaya untuk A, B dan C,” katanya.